irenacenter.com

irenacenter.com

Selasa, 19 Agustus 2014

Kerudung dalam Tradisi Yahudi dan Kristen





Menarik sekali statemen Menteri Dalam Negeri Italia Giulliano Amato, beberapa waktu lalu menjawab tuntutan dari kelompok ekstrim sekuler di Italia yang menginginkan agar dikeluarkannya larangan berkerudung bagi Muslimah di Italia. Ia mengatakan demikian, "Ketika Bunda Maria senantiasa memakai kerudung, lalu bagaimana bisa kalian berharap dari saya untuk menentang kerudung kaum Muslimah?"

Dan Amato menambahkan, "Bunda Maria adalah ibu dari nabi kita Isa al-Masih dan senantiasa memakai kerudung. Bila demikian kenyataannya, bagaimana mungkin saya menyetujui pelarangan kerudung di negara ini."

Wanita memakai busana longgar panjang dari leher hingga kaki dan memakai kerudung penutup kepala adalah suatu keumuman dari zaman ke zaman sebelum Rasulullah.  Ini terbukti dalam Bibel pun ada anjuran tegas mengenai kerudung. Dan kali ini kita akan bahas satu-persatu bagaimana pandang-an kedua agama tersebut (Yahudi & Kristen) memandang kerudung (penutup kepala).

Kerudung dalam Tradisi Yahudi
Seorang pemuka agama Yahudi, Rabbi Dr. Menachem M. Brayer, Professor Literatur Injil pada Universitas Yeshiva dalam bukunya, The Jewish woman in Rabbinic Literature, menulis bahwa baju bagi wanita Yahudi saat bepergian keluar rumah yaitu mengenakan penutup kepala yang terkadang bahkan harus menutup hampir seluruh muka dan hanya mening-galkan sebelah mata saja. Dalam bukunya tersebut ia mengutip pernyataan bebera-pa Rabbi (pendeta Yahudi) kuno yang terkenal: "Bukanlah layaknya anak-anak perempuan Israel yang berjalan keluar tanpa penutup kepala" dan "Terkutuklah laki-laki yang membiarkan rambut istrinya terlihat," dan "Wanita yang membiarkan rambutnya terbuka untuk berdandan membawa kemelaratan."

Hukum Yahudi melarang seorang Rabbi untuk memberikan berkat dan doa kepada wanita menikah yang tidak menutup kepalanya karena rambut yang tidak tertutup dianggap “telanjang". Dr Brayer juga mengatakan bahwa "Selama masa Tannaitic, wanita Yahudi yang tidak menggunakan penutup kepala dianggap penghinaan terhadap kesopanannya. Jika kepalanya tidak tertutup dia bisa dikenai denda sebanyak empat ratus zuzim untuk pelanggaran tersebut."

Kerudung juga menyimbolkan kondisi yang membedakan status dan kemewahan yang dimiliki wanita yang menge-nakannya. Kerudung kepala menandakan martabat dan keagungan seorang wanita bangsawan Yahudi.

Oleh karena itu di masyarakat Yahudi kuno, pelacur-pelacur tidak diperboleh-kan menutup kepalanya. Tetapi pelacur-pelacur sering memakai penutup kepala agar mereka lebih dihormati (S. W. Schneider, 1984, hal 237).
Wanita-wanita Yahudi di Eropa menggunakan kerudung sampai abad ke 19 hingga mereka bercampur baur dengan budaya sekuler. Dewasa ini, wanita-wanita Yahudi yang shalih tidak pernah memakai penutup kepala kecuali bila mereka mengunjungi sinagog (gereja Yahudi) (S.W.Schneider, 1984, hal. 238-239).

Kerudung dalam Tradisi Kristen
Hingga saat ini para Biarawati Katolik menutup kepalanya secara keseluruhan. Di Indonesia sebelum tahun 80-an pakai-an biarawati adalah jilbab, pakaian pan-jang longgar dari leher hingga menutup kaki serta berkerudung yang menutup leher dan dada (masih ingat telenovela Brazil, Dolcemaria). Namun era 80-an ke atas, jubah biarawati berubah menjadi pakaian panjang hanya sampai betis. Kerudung panjang menutup dada ber-ubah menjadi kerudung hanya penutup rambut dan leher terbuka.

Padahal menutup kepala atau ber-kerudung, adalah sebuah tuntunan dalam Bibel yang sudah ada sejak zaman sebe-lum Nabi Muhammad SAW.
I Korintus 11:5 Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perem-puan yang dicukur rambutnya.

I Korintus  11:13 Pertimbangkanlah sendiri: Patutkah perempuan berdoa kepada Allah dengan kepala yang tidak bertudung?
Bukan hanya itu, pernyataan St. Paul (atau Paulus) yang lain tentang kerudung adalah pada I Korintus 11:3-10. St Tertulian di dalam risalahnya "On The Veiling Of Virgins" menulis: "Wanita muda hendaklah engkau mengenakan kerudung saat ber-ada di jalan, demikian pula hendaknya engkau mengenakan di dalam gereja, mengenakannya saat berada di antara orang asing dan mengenakannya juga saat berada di antara saudara laki-lakimu."

Di antara hukum-hukum Canon pada Gereja Katolik dewasa ini, ada hukum yang memerintahkan wanita menutup kepalanya di dalam gereja (Clara M Henning, 1974, hal 272).

70 komentar:

  1. Inilah bukti bahwa 3 agama Samawi yang selama ini kita kenal sesungguhnya adalah satu : hanya Islam. Akan tetapi pada praktiknya, akhirnya terpecah belah menjadi 3, antara lain Yahudi; Nasrani dan Islam sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. yahudi bukan agama samawi

      Hapus
    2. agama samawi atau ibrahimiah adalah agama2 yg memasukkan kisah nabi ibrahim didalam sejarah keagamaannya. dan itu termasuk agama Yahudi, mas cahyo. :)

      Hapus
    3. http://quran.al-islam.com/Loader.aspx?pageid=970&Words=Islam&Level=exact&Type=phrase

      Hapus
  2. Inilah bukti bahwa 3 agama Samawi yang selama ini kita kenal sesungguhnya adalah satu : hanya Islam. Akan tetapi pada praktiknya, akhirnya terpecah belah menjadi 3, antara lain Yahudi; Nasrani dan Islam sendiri

    BalasHapus
  3. Bunda Maryam sesungguhnya Islam..... ? Itu benar adanya .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha katanya Islam itu agama penyempurna? Bagaimana jadinya kalau manusia sebelum agama penyempurna itu menjadi pengikut agama tersebut? Bagaimana logika nya dengan lintas generasi ini? Mohon dijawab.

      Hapus
  4. Bunda Maryam sesungguhnya Islam..... ? Itu benar adanya .....

    BalasHapus
  5. Bunda Maryam sesungguhnya Islam..... ? Itu benar adanya .....

    BalasHapus
  6. Agama Yahudi, sudah ada sebelum kelahiran Nabi Isa, dan agama Nasrani ada 600 tahun sebelum kelahiran agama Islam

    BalasHapus
  7. Insya' Allah dari dulu sejak Adam Hawa ditunkan di muka bumi agama tetap 1 yaitu Islam, seiring dgn perkembang masing -masing zaman maka munculah tiap-tiap metamorfosa Islam (hanya penyebutannya, namun pada dasarnya masih tetap islam), yaitu yahudi dan ahli kitab. Namun yg harus diketahui saat ini agama nasrani maupun yahudi sebenarnya telah melenceng jauh dr hakiki yahudi maupun alkitab yang dulu.

    (dari berbagai macam sumber sejarah Islam)

    BalasHapus
  8. Perdalam agama masing2,,itu lebih hikmat daripada membahas agama orang lain yg tdak di pahami scara utuh,,"Setiap orang akan memiliki sudut pandang yg berbeda skalipun brbicara objek yg sama".
    "Jangan melihat cerita dari sepotong kalimat yg kau tahu,,bisa jadi itu mmbawamu jauh dari keadaan sebenarnya".
    Bijaknya,,saling menghormati n menghargai itu penting tanpa perlu memaksa orang untuk membenarkan apa yg kita percayai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya begitu ya.....

      Hapus
    2. Sebaiknya begitu ya.....

      Hapus
    3. "Dan Amato menambahkan, "Bunda Maria adalah ibu dari nabi kita Isa al-Masih dan senantiasa memakai kerudung".

      Bener tuh Mendagri ngomong gitu!!? Ada yah org kristen nyebut Tuhannya "nabi kita Isa-Almasih!!!" Ngokkkk....

      Ndu-ndu,,, mbok ya terjemahin bahasa itali pake kamus, jangan pake kakus..

      Hapus
  9. Banyak bukti2 yg mengatakan begitu, satu2nya agama langit hanyalah islam, tapi banyak yg tidak mau menerima, padahal mereka tau kebenaran itu
    Islam adalah agama untuk org2 yg berfikir dan menggunakan akalnya
    Sumgguh merugi org yg tidak menggunakan akalnya untuk mencari kebenaran

    BalasHapus
  10. Ibu Hj. Irene Handono, mohon juga dilanjutkan I Korintus 11:15 secara utuh, agar tidak gagal paham. Mengartikan ayat hanya mengutip pada satu ayat secara harfiah,.... bisa berbahaya lhoo????
    Alkitab bertanya, alkitab menjawab.

    BalasHapus
  11. Jika kita memang orang yang merindukan kebenaran sejati dan keselamatan yang sesungguhnya, maka mari silahkan kita tantang pemikiran dan iman kita : Yesus dan kekeristenan sudah ada sekitar 0-33 tahun setelah Masehi, sedangkan nabi Muhammad baru ada di tahun 600-700 setelah Masehi. Mungkinkah Alquran dan agama Islam lebih benar dan meniadakan Yahwe (panggilan nama Tuhan oleh orang Yahudi dan juga dipercaya oleh orang Kristen) dibadingkan ajaran Yahi dan Kristen yang notabene mungkin lebih dulu 600 tahun mempengaruhi wilayah Arab dan Asia kecil (Turki, Yunani bahkan kemungkinan sampai ke Afganisthan)?

    BalasHapus
  12. Saya lebih percaya kalau nabi Muhammad adalah beragama Kristen dan pengajaran-pengajaran nya adalah pengajaran alkitab dan Yesus Kristus (nabi Isa Almasih)...Hampir 90% isi Alquran hamper mirip/sama dengan isi Alkitab (QS 4: 89 "Mereka ingin supaya kamu...." , bandingkan dengan Galatia 2:14 ".....dihadapan mereka semua 'Jika engkau, seorang Yahudi, hidup secara kafir dan bukan secara Yahudi, bagaimanakah engkaudapat memaksa saudara-saudara yang tidak bersunat untuk hidup secara Yahudi?" , dan banyak lagi seperti cerita penciptaan, nabi Adam, nabi Musa, nabi Nuh, nabi Daud, nabi Yunus, dll..mereka itu semua nabi-nabi bangsa Yahudi...Alquran adalah merupakan ajaran Alkitab yang isinya sudah dipelintir dan dimodifikasi oleh orang-orang Yahudi baik pada masa rasul-rasul (awal kekeristenan tahun 30-120 setelah masehi) dan juga orang-orang di masa nabi Muhammad (tahun 600-700 masehi) yang tidak dan sulit mempercayai bahwa ada kebangkitan orang mati dan bahwa Tuhan Yang Hidup Yang Sejati itu sungguh bias dan sanggup menjelma menjadi sama seperti manusia untuk menyelamatkan manusia dari penghukuman dosa (penghukuman kekal). Pikirkan : Tuhan menciptakan manusia pertama (Adam) melalui debu Tanah, manusia kedua (Hawa) melalui tulang rusuk, manusia ketiga (kita semua manusia setelah Hawa) melalui pertemua sel sperma dan sel telur..masakan Tuahan Yang benar-benar hidup dan berkuasa itu tidak sanggup hadir kedunia dengan cara yang ajaib di dalam Yesus Kristus...Think about it.. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sok tau luuu! Muhammad itu islam . Pasti anda tidak tau ceritanya . Kenapa kita Al Quran diturunkan, dan kenapa ada nabi terakhir "nabi muhammad" karena sesungguhnya agama yang sebelumnya sudah sangat melenceng dari kebenaran dan perintah Allah . Nabi isa dan bunda maria saja menyembah Allah . Mengapa kalian mengelak itu . Al Quran adalah buku tentang masa lalu dan masa depan, semua sudah ada di dalam situ . Ilmuan yg bukan islam sudah mengakuinya bahwa isi Al Quran benar semua terjadi di jaman kita . Coba ada searching di google tentang kejadian di Al Quran yg menjadi nyata . Bunda maria mengenakan kerudung yg bahkan pada saat itu islam blm lahir . Skrg kenapa islam mengenakan kerudung malah di larang . Hmm dunia semakin hancur

      Hapus
    2. 90% darimana, 1/3 nya Al Quran masalah tauhid saja jauh berbeda dengan bibel. Jangan asal ngecap!

      Hapus
    3. 90% darimana, 1/3 nya Al Quran masalah tauhid saja jauh berbeda dengan bibel. Jangan asal ngecap!

      Hapus
    4. Hendrik abe..pintar s3kali anda memutar balik kebenaran..karena anda tidak faham dan tidak tahu...apa kitab yang anda yakini itu asli atau tidak?dengan tidak disadari anda dijauhkan dari kebenaran oleh pemuka agama sendiri...coba ajukan pertanyaan kepada mereka tentang sejatinya kebenaran tentang isa almasih..pasti mereka menjawab cukup di imani saja dan percaya saja...revisi yang terjadi pada kitab kalian adalah bentuk ketakutan dari tabir gelap yang menyelimuti kebenaran selama ini..

      Hapus
    5. Klo nabi isa itu d katakan Tuhan bgmn dgn nabi adam yg notabene g' ada nyak babenya, mosok C Tuhan mati d salib sdg nabi2 yg lain aj sll d selamatkan Tuhan dr kejahatan kaumnya. Trz klo Tuhan mati yg nyabut nyawa Tyhan siapa?? Aya2 wae

      Hapus
    6. Klo nabi isa itu d katakan Tuhan bgmn dgn nabi adam yg notabene g' ada nyak babenya, mosok C Tuhan mati d salib sdg nabi2 yg lain aj sll d selamatkan Tuhan dr kejahatan kaumnya. Trz klo Tuhan mati yg nyabut nyawa Tyhan siapa?? Aya2 wae

      Hapus
    7. ha ha ha kamu ini msh tidur ya disaat banyak pendeta, pastor ilmuawan dan org pintar yg msk islam setelah meneliti kebenaran ajaran islam,...... smg km mendapat hidayah bro .

      Hapus
  13. Hai saudara-saudara terkasih..cobalah melihat bahwa pemberitaan Injil oleh orang Kristen itu bukanlah sesuatu yang negative dan menghancurkan anda sekalian...cobalah lihat dari sisi lain bahwa karena kasih kami kepada anda bahwa orang Kristen itu tahu dan percaya bahwa tanpa percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat tidak ada seorangpun yang akan selamat dan masuk sorga..tidak seorang pun...jadiii...kami mengasihi anda sekalian, apa yang disampaikan oleh Ibu Irena di atas pastilah keliru. Orang Kristen ataupun komunitas Kristen yang sesungguhnya tidak mungkin melakukan hal itu...Hanya dalam nama Tuhan Yesus Kristus (nabi Isa Almasih) orang dapat diselamatkan...

    Percayalah kepada Tuhan Yesus, akui dosa-dosa anda dan terima Dia menjadi Tuhan dan Juru Selamat anda pribadi maka anda akan diselamatkan dan masuk sorga..hanya sesederhana itu..amin

    Tuhan Yesus memberkati kita semua..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda Hendrik Abe tidak akan mungkin bisa menoleransi dengan menerima kebenaran Alquran. Karena di dalam Alquran banyak sekali kecaman-kecaman terhadap doktrin-doktrin/pokok-pokok keyakinan agama Kristen. Contoh, surah Al-Maaidah ayat 17, Sesungguhnya telah kafirlah orang-orang yang berkata: "Sesungguhnya Allah itu ialah Al Masih putera Maryam." …jika tak yakin maka telusurilah dengan seksama

      Hapus
    2. Sebenarnya Yesus yang kalian anggap Tuhan itu bukan Nabi Isa !

      Hapus
    3. Mereka percaya pada anggapan semu,yg berdasarkan kisah2 agama sebelum mereka (adanya 3 dewa) dsbnya.Agama Ilahi dari Ibrahim Musa, Daud, dan Isapun sampai Muhammad, mereka berTauhid dan berserah diri hanya pada Allah swt, dalm bhs Yahudi YHWH, dlm Nasrani BAPA. aLAQURAN isinya hampir 90% mengajarkan Ketauhidan.(Tidak ada tuhan yg patut disembah, Kecuali Yang MahaSUCI DAN YANG MAHA TINGGI, YAITU ALLAH SWT.

      Hapus
    4. Pak hendrik abe.. kitab anda yg tetlalu banyak renovasi n improfisasi tangan2 n ide2 kafir yg tdk mau menerima kebenaran tentang islam yg ada pada kitab injil yg sangat terdahulu.. yg msi terjga keaslianx... alquran it yg paling sempurna sejagat raya... dan islam agama paling sempurna sealam semesta,sejagat raya,sampai akhir zaman.. bertaubatlah...

      Hapus
    5. Maaf yah pak...
      klo soal percaya dan beriman... kami sngt percaya dan sangat beriman dengan Yesus Kristus sebagai penyelamat dunia dan pemberi jalan terang...
      tapi kalo untuk mengakui beliau adalah Tuhan... maaf logika kami tidak mendukung untuk hal itu... untuk apa Tuhan menjelma menjadi ciptaanNya...???
      Truss knpa harus mnjadi manusia...???dan kenapa harus Yesus...???
      gk masuk akal

      Hapus
    6. Qs 43:85; Qs 67:26, dan Qs 7:187. Ketiga ayat tersebut menegaskan, bahwa pengetahuan hari kiamat hanya ada di sisi Allah.
      Pada hari kiamat, penghakiman atas manusia terjadi. Baik yang masih
      hidup maupun yang sudah mati. Sekali lagi Al-Quran memberi kesaksian,
      hanya Allah yang akan menghakimi manusia pada hari tersebut (Qs 2:113;
      Qs 22:69; Qs 32:25).
      Sebab, “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?” (Qs 95:8).sekarang
      aku bertanya kepadamu...yang menjadi hakim di hari kiamat nabi atau
      Allah ? Allah bukan ? tetapi mengapa Isa yang menjadi hakim ? karena Isa
      adalah Allah.
      inilah kebenaranya ....

      Hapus


  14. wa-idz qaala 'iisaa ibnu maryama yaa banii israa-iila innii rasuulu allaahi ilaykum mushaddiqan limaa bayna yadayya mina alttawraati wamubasysyiran birasuulin ya/tii min ba'dii ismuhu ahmadu falammaa jaa-ahum bialbayyinaati qaaluu haadzaa sihrun mubiinun

    6. Dan (ingatlah) ketika 'Isa ibnu Maryam berkata: "Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)." Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata."

    BalasHapus
  15. Pak Agus, Ibu Irena dan saudara-saudara terkasih...

    Klaim dalam Alquran dan ayat-ayat Alquran yang menyebutkan Alquran diberikan untuk menyempurnakan ajaran-ajaran sebelumnya (Alkitab/Kekristenan dan Yahudi) sungguh adalah kebohongan. Menyempurnakan dengan membuat berbeda sama sekali adalah bukan penyempurnaan..oleh karena itu pasti kebohongan, itu nama nya mengada-ada..silahkan uji : masakan Allah Yang Sejati mengajarkan/mengilhankan untuk berpoligami?masakan Allah kalau Dia adalah sungguh Allah Yang Hidup masakan tidak bisa memelihara satu orang wanita/isteri dengan hanya satu orang pria/suami saja?

    Yesus Kristus adalah sungguh Allah Yang Sejati Yang Sesungguhnya...Yesus lah Allah SWT yang sejati..karena cinta-Nya kepada kita manusia berdosa maka Allah datang kedunia dalam Yesus Kristus untuk disalibkan menanggung hukuman atas dosa-dosa kita...tidak ada Allah Yang Sejati yang sanggup menunjukkan dan membuktikan cintanya kepada kita manusia berdosa seperti Allah yang menunjukkan cinta-NYA di dalam Yesus Kristus Tuhan..

    YESUS TUHAN ALLAH sanggup memelihara dunia ini, Yesus sanggup memelihara satu orang wanita/isteri dengan hanya satu orang pria/suami..kalau Allah itu tidak sanggup melakukan seperti itu berarti Allah itu BUKAN Allah yang Hidup, kalau dengan poligami berarti BUKAN Allah Yang Sesungguhnya..
    Yesus Kristus adalah sungguh Allah Yang Sejati Yang Sesungguhnya...Yesus lah Allah SWT yang sejati..

    Pikirkan lagi : Jika anda sungguh-sungguh pencari kebenaran sejadi, selidiki dan cek bahwa tercatat dalah sejarah bahwa rasul-rasul kekeristenan sudah memberitakan injil keselamatan dan juga Hukum Taurat (hukum orang Yahudi) sejak awal kekristenan 33-120 setelah Masehi keseluruh wilayah Arab, Iran, Irak, Asia kecil (Turki, Italia, Yunani, kemungkinan sebagian wilayah Afganistan, India) , dan tidak kah anda berpikir lebih mungkin bahwa artinya sejak saat itu yaitu setelah tahun 120 setelah Masehi selama hampir 480 tahun setelah itu sebelum nabi Muhammad dan sebelum ada Alquran sudah dipengaruhi ajaran Alkitab/kekristenan?
    hehe...think about it..jadilah orang pintar dan berhikmat, anda pasti beroleh keselamatan yang sesungguhnya, yaitu didalam Yesus Kristus (Isa Almasih)...Tuhan Yesus memberkati kita semua...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bapak sudah baca injil bapak setiap hari dan sudah baca semua isi nya?jika belum coba pelajari saja injil bapak, sambil dibaca jg al quran terjemahannya, saya yakin bapak akan mengagumi Al quran..

      Hapus
    2. Islam dan Nabi Muhammad justru penganut nasrani sejati (bukan kristen). Bukti sederhana, di injil, org kristen dilarang makan babi. Dalam kenyataan, agama mana yg melarang ummatnya makan babi? Islam!!! Anda yang mengaku kristen, jangan menyamakan kristen dengan nasrani. Jika ingin tahu alasannya, baca sejarah kristen dari petinggi vatikan!

      Hapus
    3. Justru Islam hadir utk menyempurnakan agama sebelumnya bapa..betul kata mba wiee silahkan baca alquran terjemahan. Justru nabi muhammad telah di sebutkan dlm injil / taurat bahwa akan datang seorang nabi pentutup zaman. Wallahualam bishawab

      Hapus
    4. Siapa pula yg nyuruh/menganjurkan poligami? Tidak ada. Sok tahu. Tidak tahu tapi merasa tahu, sumbernya mana hayo? Kutiplah dengan tanggung jawab bisa apa tidak, coba!!

      Hapus
    5. Bapak Abe @ dalam ajaran islam, diajarkan bahwa semenjak adam merupakan salah satu nabi kami setelah itu disusul dengan nabi/rasul.lainnya termasuk Nabi Isa A.S..jadi kami menyakini bahwa Nabi terakhir kami Nabi Muhammad SAW merupakan nabi penyempurna ajaran2 sebelumnya..kalau dalam pandangan anda..apakah sebelum Nabi Isa lahir sudah ada agama kristen.. Lalu ngapain nabi isa yg anda yakini sbg Tuhan kerjaannya..apakah ada dalam literatur ajaran yg anda yakini keterangan sebelum Nabi Isa A.S lahir agama yg menganggap Nabi Isa As sbg Tuhan?

      Hapus
    6. brother klw km pingin surga pelajarilah islam atau coba km lihat video2 para mualaf di youtube mudah2n km mendapat hidayah Allah. itu sj bro lebih dan kurang mhn maaf.

      Hapus
  16. Temanya kerudung....debatnya melenceng kemana mana...tau sedikit udah semangat debat pengen kasi liat diri paling bener, niatnya ga ada yg bersih nih

    BalasHapus
  17. Bagimu agamamu, bagimu agamaku.
    sdr2 muslim tdk usah terpancing oleh kegalauan umat kristen. Sabar saja. Cukup Allah yg memberi hidayah. Terimakasih bu Irene atas bagi2 ilmunya.

    BalasHapus
  18. Mau keudung mau pake helm bagiku gak masalah. Mau islam, budha, hindu, kristen katolik ato apapun itu semua kembali ke manusianya. Tidak ada agama yang mengajarkan untuk menjelekkan agama lain, apalagi menghakimi keyakinan oranh lain. Jadi hiduplah sesuai keyakinan anda sekalian tak perlu mempengaruhi apa lagi menghaikimi org lain. Klo anda merasa agama dan keyakinan anda paling benar ya sudah jalani saja. Tuhan tidak butuh pembelaan dari kita manusia, justru kita yang membutuhkan kasih, rahmat, hikmat dsb dariNya. Karena semuanya ini milik Tuhan.

    BalasHapus
  19. Kalau Islam memang terbaik, produk dan buah2nya juga harusnya baik.. manusia2 Islam harus lebih manusia, menjaga bumi dengan baik - tidak kejam dan tidak mengumbar kekerasan. Ayo tunjukan manusia-manusia yang beragama Islam memiliki buah yang bagi kemanusiaan dan dunia.. bukan jadi kotoran yang menjijikan.

    BalasHapus
  20. Yang salah itu bukan agama islam dan pengajaranNya. Yang salah itu manusianya yang salah mengartikan. Coba pahami. "Bagimu Agamamu, Bagiku Agamaku". Islam itu indah kalo manusianya bisa memahami dan mempraktekan sunnah rasull dan yang ada dalam alquran. Di islam juga banyak larangan yang memang tdk baik dilakukan manusia. Yang halal dan haram. Kalo kalian non-islam mengerti pasti tau lah. Hanya manusianya yang banyak melanggar. emang kalian pikir gak ada diagama non-islam yang akhlaknya buruk? pasti ada lah. kembali ke manusianya sendiri. Don't judge!

    BalasHapus
  21. Yang pasti bahwa tuhan adalah yang pertama dan yang terakhir ,Dia kekal,yang berdiri dengan sendirinya,yang berbeda dengan makhluknya,dan Dia tunggal.yaitu Allah Swt,tidak ada perubahan tuhan,Dia tidak dilahirkan dan tidak pula mempunyai anak karena dilahirkan dan mempunyai anak adalah sifat makhluk,Tidak ada yang tidak mungkin bagi tuhan karena jika Dia berkehendak cukup dengan ucapan KUN FAYAKUN.yang tidak mungkin bagi Tuhan hanyalah yang menyalahi sifat Ketuhanannya.karena bukan tuhan namanya kalo Dia sama dengan makhluknya..dan bukan tuhan namanya kalo Dia mengalami perubahan dan pergantian..perbuatan tuhan tidak mampu di logikakan tapi konsep KETUHANAN dan kenabian itu logiss..silahkan berpikir yang logis..hadirnya undang2 baru pasti merevisi undang2 yang lama.hadirnya agama yang baru pasti menyempurnakan agama sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada yang tidak mungkin bagi tuhan karena jika Dia berkehendak cukup dengan ucapan KUN FAYAKUN << ini pernyataan anda loh.. Dan saya pu n setuju. Sekarang begini, jika Tuhan berkehendak menjadi makhluk ciptaan-Nya, mungkin atau tidak mungkin? Bisa atau tidak bisa? Jika Tuhan ingin turun ke bumi karena ingin menebus dosa manusia, mungkin atau tidak mungkin? Lalu bagaimana dengan mukjizat yang dilakukan Tuhan Yesus? Sulap kah? Jika kamu saja sebagai makhluk ciptaan-Nya, cukup pantas kah kamu mengganggap bahwa Tuhan tidak mungkin turun ke dunia? Kalau Tuhan saja bisa menciptakan seorang "NADIA AZ SAHRO", kenapa tidak mungkin jika Tuhan ingin menyelamatkan SELURUH UMAT CIPTAANYA? Kenapa kekuasaan Tuhan bisa dibatasi oleh akal manusia??

      Hapus
  22. Yang pasti bahwa tuhan adalah yang pertama dan yang terakhir ,Dia kekal,yang berdiri dengan sendirinya,yang berbeda dengan makhluknya,dan Dia tunggal.yaitu Allah Swt,tidak ada perubahan tuhan,Dia tidak dilahirkan dan tidak pula mempunyai anak karena dilahirkan dan mempunyai anak adalah sifat makhluk,Tidak ada yang tidak mungkin bagi tuhan karena jika Dia berkehendak cukup dengan ucapan KUN FAYAKUN.yang tidak mungkin bagi Tuhan hanyalah yang menyalahi sifat Ketuhanannya.karena bukan tuhan namanya kalo Dia sama dengan makhluknya..dan bukan tuhan namanya kalo Dia mengalami perubahan dan pergantian..perbuatan tuhan tidak mampu di logikakan tapi konsep KETUHANAN dan kenabian itu logiss..silahkan berpikir yang logis..hadirnya undang2 baru pasti merevisi undang2 yang lama.hadirnya agama yang baru pasti menyempurnakan agama sebelumnya.

    BalasHapus
  23. 4.An-Nisā : 171

    يَا أَهْلَ الْكِتَابِ لَا تَغْلُوا فِي دِينِكُمْ وَلَا تَقُولُوا عَلَى اللَّهِ إِلَّا الْحَقَّ ۚ إِنَّمَا الْمَسِيحُ عِيسَى ابْنُ مَرْيَمَ رَسُولُ اللَّهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَىٰ مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ ۖ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ۖ وَلَا تَقُولُوا ثَلَاثَةٌ ۚ انْتَهُوا خَيْرًا لَكُمْ ۚ إِنَّمَا اللَّهُ إِلَٰهٌ وَاحِدٌ ۖ سُبْحَانَهُ أَنْ يَكُونَ لَهُ وَلَدٌ ۘ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ ۗ وَكَفَىٰ بِاللَّهِ وَكِيلًا

    Wahai Ahli Kitab! Janganlah kamu melampaui batas dalam agamamu, dan janganlah kamu mengatakan terhadap Allah kecuali yang benar. Sungguh, Al-Masih 'Isa putra Maryam itu, adalah utusan Allah dan (yang diciptakan dengan) kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam, dan (dengan tiupan) ruh dari-Nya. Maka, berimanlah kepada Allah dan rasul-rasul-Nya dan janganlah kamu mengatakan, "(Tuhan itu) tiga," berhentilah (dari ucapan itu). (Itu) lebih baik bagimu. Sesungguhnya Allah Tuhan Yang Maha Esa, Mahasuci Dia dari (anggapan) mempunyai anak. Milik-Nyalah apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Dan cukuplah Allah sebagai pelindung.


    Dibagikan menggunakan MyQuran

    BalasHapus
  24. temanya KERUDUNG, dan bahasa pembahasannya sungguh sangat menyejukkan..............tapi komentarnya kok kemana mana?...........
    semuanya sama sama nggak paham......... tapi berdebat...........
    memalukan orang orang di negara ini........

    BalasHapus
  25. Tuhan kalian itu tuhan hsil karangan pemikiran kalian yg salah paham... tuhan itu bkan mnusia yg mati disalib n tersiksa... tuhan itu nda pernah mati n kekal abadi,tidak beranak dan tidak di peranakkan, tidak suatu apapun yg mampu membuatx musna dan menderita seperti tuhan bapak hendrik abe tsb.. hanya Allah SWT tuhan yg maha esa..

    BalasHapus
  26. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  27. izinkan saya...
    terimakasih setidak nya sudah perduli dengan perbedaan ini, andai pnya kesempatan untuk bisa menempatkan diri di titik nol dan berani masuk serta memahami diantara nya lebih baik lg, sya yakin pasti bertanya dlm hati kebenaran dari pendapat pendapat mereka diatas...semoga bisa mengkaji dan menemukan jawaban dari perbedaan-prbedaan ini. bahkan dalam hal nya bahasan kerudung ini.

    BalasHapus
  28. Qs 43:85; Qs 67:26, dan Qs 7:187. Ketiga ayat tersebut menegaskan, bahwa pengetahuan hari kiamat hanya ada di sisi Allah.
    Pada hari kiamat, penghakiman atas manusia terjadi. Baik yang masih
    hidup maupun yang sudah mati. Sekali lagi Al-Quran memberi kesaksian,
    hanya Allah yang akan menghakimi manusia pada hari tersebut (Qs 2:113;
    Qs 22:69; Qs 32:25).
    Sebab, “Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?” (Qs 95:8).sekarang
    aku bertanya kepadamu...yang menjadi hakim di hari kiamat nabi atau
    Allah ? Allah bukan ? tetapi mengapa Isa yang menjadi hakim ? karena Isa
    adalah Allah.
    bisakah hj irena handono membantah ini ??

    BalasHapus
  29. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  30. Bener sekali ketiga ayat yg anda katakan mas bas cdragon :) coba cari tau surat az-zukhruf 43:59 , isa tidak lain hanyalah seorang hamba yg kami berikan kepadanya nikmat (kenabian) dan kami jadikan dia sebagai tanda bukti (kekuasaan Allah) untuk bani israil " kalo anda mengimani ke 3 ayat tersebut alhamdulillah, semoga anda mencari tau juga semua dan mengimaninya ,lihat betapa agungnya Allah yg telah menurunkan ayat ini dg sejelas2nya tanpa ambigu sedikitpun

    BalasHapus
    Balasan

    1. apakah seorang hamba tuhan yang menjadi hakim yang adi nanti....kalau menurut ahmad robial aldi seperti itu..lalu bagaimana dgn pengakuan dari yang lainya..
      Beberapa hadist mengatakan lebih jauh, bahwa Isa Al-Masih adalah Hakim yang Adil. Seperti Hadist Bukhari 1090, “Sungguh-sungguh akan datang kepada kamu Isa, Putera Maryam sebagai Hakim Yang Adil”. Hadist Muslim II halaman 76, “Demi Allah, sesungguhnya akan turun (datang) putra Maryam selaku Hakim yang adil”. Dan Hadits dari Musnad Imam Ahmad ibn Hanbal Jilid II/411, “Daripadamu akan bertemu dengan Isa ibnu Maryam sebagai imam Mahdi dan hakim yang adil”.
      dari pernyataan hadits diatas memanglah benar benar bahwa Isa yang menjadi hakim agung di hari kiamat nanti.
      atau ahmad robial aldi merasa lebih pinter dari para sahabat nabi ?












      Hapus
  31. Baca juga mas matius 7:21 , bukan setiap orang yg berseru kepadaku tuhan-tuhan! Akan memasuki kerajaan syorga, melainkan ia yg melakukan kehendak bapaku yg di syorga 7:22 pada hari terakhir banyak orang yg akan berseru kepadaku tuhan-tuhan bukankah kami bernubuat demi namamu, dan mengusir setan demi namamu, dan mengadakan banyak mujizat demi namamu juga? 7:23 pada waktu itulah aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada ku, kamu sekalian pembuat kejahatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar, ayat itu memang sangat penting. supaya orang tau bahwa seorang yang berbuat baik dan berbuat amal saja tidak menjamin masuk surga. tapi umat kesurga adalah umat yang di kasihi Tuhan dan hanya umat yang di pilih. jadi masuk surga bukan karena usaha tapi adalah karena karunia sang kuasa.
      Nas : Mat 7:21

      Yesus dengan tegas mengajarkan bahwa melaksanakan kehendak Bapa-Nya yang di sorga merupakan suatu syarat untuk memasuki Kerajaan Sorga (bd. ayat Mat 7:22-27; 19:16-26; 25:31-46). Sekalipun demikian, ini tidak berarti bahwa kita dapat memperoleh keselamatan dengan usaha kita sendiri. Hal ini benar karena berbagai alasan yang berikut:

      1) Pengampunan Allah diberikan kepada kita melalui iman dan pertobatan yang dimungkinkan oleh kasih karunia dan kematian Kristus sebagai korban karena dosa kita
      Mat 26:28,Luk 15:11-32; 18:9-14).
      2) Ketaatan pada kehendak Allah memang merupakan syarat yang tetap berlaku untuk keselamatan, namun Kristus juga menyatakan bahwa ketaatan itu merupakan kasih karunia yang berkaitan dengan keselamatan dalam Kerajaan Allah. Dengan demikian kita harus senantiasa berdoa untuknya, menerimanya, dan mengamalkannya dengan iman dan usaha yang sungguh-sungguh. Perhatikanlah doa Bapa Kami (Mat 6:9-13) dan banyak nasihat lainnya yang ditujukan kepada orang percaya agar mematikan dosa dan mempersembahkan diri mereka sebagai persembahan yang hidup kepada Allah (bd. Rom 6:1-23; 8:1-17; 12:1-2
      [atau ref. Mat 5:6]
      3) Kita mampu melakukan kehendak Allah dan menjalankan hidup benar oleh karena kasih karunia, kuasa Allah dan hidup rohani yang terus-menerus diberikan kepada kita melalui Kristus (Ef 2:5). Alkitab menyatakan bahwa "karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu tetapi pemberian Allah ... karena kita ini buatan Allah" (Ef 2:8-10).
      4) Allah senantiasa menyediakan kemampuan untuk menaati Dia sebagaimana hal itu dikehendaki oleh-Nya. Penyediaan kemampuan tersebut termasuk tindakan penebusan Allah. "Karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya"
      [atau ref. Fili 2:13]
      Namun, kasih karunia yang diberikan Allah ini tidaklah membatalkan tanggung jawab atau tindakan manusia. Kita harus menanggapi dengan positif penyediaan ketaatan itu dari Allah (Ef 4:22-32; Yud 1:20-21,24;
      [atau ref. Fili 2:12]
      karena kita tetap bebas untuk menolak kasih karunia Allah, menolak untuk menghampiri Allah melalui Kristus
      [atau ref. Ibr 7:25]
      dan menolak untuk berdoa memohon dan menerima kehidupan yang taat
      [atau ref. Mat 5:6]

      lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

      2 Full Life : BANYAK ORANG AKAN BERSERU ... TUHAN, TUHAN.

      Nas : Mat 7:22

      Yesus dengan tegas menyatakan bahwa akan ada "banyak" orang di dalam gereja yang melayani dalam nama-Nya dan percaya bahwa mereka adalah hamba-Nya, namun sesungguhnya Kristus tidak pernah mengenal mereka (ayat Mat 7:23). Agar dapat lolos dari kesesatan pada akhir zaman, para pemimpin gereja (atau setiap murid Tuhan) harus mengabdi total kepada kebenaran yang dinyatakan dalam Firman Allah
      dan tidak menganggap "keberhasilan di dalam pelayanan" sebagai standar untuk menilai hubungan mereka dengan Kristus.

      3 Full Life : AKU TIDAK PERNAH MENGENAL KAMU.

      Nas : Mat 7:23

      Kata-kata Kristus ini dengan jelas menyatakan bahwa seorang pendeta mungkin saja memberitakan Injil di dalam nama Kristus, mengusir setan dan mengadakan mukjizat sedangkan mereka sendiri tidak mempunyai iman yang menyelamatkan di dalam Kristus.

      1) Alkitab mengajarkan bahwa pemberitaan Injil yang berapi-api, semangat demi kebenaran serta mukjizat dewasa ini dapat diadakan di bawah pengaruh dan kuasa Iblis. Paulus mengingatkan bahwa "Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran" (2Kor 11:14-15; bd. Mat 24:24). Paulus menerangkan bahwa urapan yang tampaknya penuh kuasa dapat merupakan "pekerjaan Iblis" (lih. 2Tes 2:9-10; Wahy 13:3,12;

      Hapus
  32. Mas bas cdragon apa anda tau yesus pertama kali dilantik menjadi tuhan pada tahun 325 masehi? Jadi sebelum itu dia belum menjadi tuhan, dan yg melantiknya sebagai tuhan adalah kaisar constantien kaisar romawi , pelantikannya terjadi di conseni (konferensi atau muktamar) dikota nizea . Jadi silahkan cari saja ayat yg mengatakan kalo yesus sendiri berkata dg jelas dan tidak ambigu bahwa aku adalah tuhan atau sembahlah aku :) . Malahan yesus berkata "dengarlah hai orang israel, tuhan Allah kita, tuhan itu esa " lalu di dalam surat at-tawbah 9:31 mereka menjadikan orang2 alimnya dan rahib2 mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) masih petra maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yg esa , tidak ada tuhan ( yg berhak disembah) selain dia, Maha suci AllAH dari apa yg mereka persekutukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. mengenai konsili nicea tahun 325 ada baiknya kita mengetahui dahulu latar baelakang mengapa diadakan konsili nicea tsb.
      karena adanya para pemimpin yang mulai melenceng dari ajaran dari trinitas para pengikut kristus mula mula. yang mana salah satu pemimpin gerja itu bernama arius dan pengikut pengikut nya.
      untuk menyelesaikan masalh itu maka kaisar konstantin mengadakan sinode atau konsili. bersama sama dengan pemimpin gereja lainya (uskup) untuk mengukuhkan lagi tentang trinitas dalam ajaran kristen mula mula yang sudah mulai melenceng dari yang sebenarnya.
      jadi tidak benar kalau konsili nicea menjadikan Yesus menjadi tuhan.karena Yesus memang sudah dituhankan dari awal lagi ( sejak jaman rasul dan pendiri gereja mula mula lagi)

      Hapus
    2. mengenai bukti yesus tuhan itu ada banyak dalam alkitab. dan di dalam islam juga saya sudah menyebutkan di atas. yaitu sebagai hakim yang adil pada kiamat nanti.
      dan Yesus sendiri tidak pernah mendeklarasikan sendiri kalau dia tuhan.
      tapi dari nubuat dan sabdanya sendiri bisa di sebut tuhan.
      (misalkan bill gates belum pernah menyatakan kalau dia kaya, tapi tanpa dia ngomong juga orang sudah tau kalau dia kaya. sebab duitnya banyak...begitu juga bila seorang Ayah tidak pernah bilang kalau dia mencintai putranya. tapi tanpa di bilang juga sang putra sudah tau kalau ayahnya sayang kepadanya. sebab sang ayah selalu menasehatinya,memberi nafkah dan keperluan lainya dan selalu memastikan putranya selalu baik baik saj. dan lainlain.
      Beberapa perkataan Yesus yang menarik dipelajari:

      yang mendeklarasikan kalau dia seorang nabi adaa...walaupun tanpa melakukan nubuat mukjizat sebagai syarat bukti kenabianya.

      Hapus
    3. Yesus mengatakan, ' Akulah gembala yang baik'(Yohanes 10:11), sedangkan Perjanjian Lama mengatakan, 'TUHAN adalah gembalaku'(Mazmur 23:1).
      Yesus menyatakan Dia adalah hakim atas segala bangsa (Yohanes 5:27; Matius 25:31), Perjanjian Lama mengatakan TUHAN adalah hakim segala bangsa (Yoel 3:12).
      Yesus mengatakan, 'Akulah terang dunia' (Yohanes 8:12), Perjanjian Lama mengatakan ''TUHAN akan menjadi penerang abadi bagimu" (Yesaya 60:19).
      Yesus berdoa kepada Bapa untuk berbagi kemuliaan kekal-Nya, "Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada" (Yohanes 17:5)
      Yesus mengatakan Dia adalah yang pertama dan yang akhir (Wahyu 1:17), sama seperti Yehovah dalam Perjanjian Lama (Yesaya 44:6).

      Pernyataan keilahian Yesus sangat jelas di Yohanes 8:58,
      'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sebelum Abraham jadi, Aku telah ada' (Yohanes 8:58). Orang Yahudi tanpa ragu-ragu mengerti maksud perkataan ini . Mereka tahu bahwa Yesus tidak hanya menyatakan keberadaan-Nya sebelum Abraham, tetapi Yesus juga menyatakan sama dengan Tuhan. Ini menyebabkan mereka mengambil batu hendak melempari Yesus.

      Dalam beberapa peristiwa Yesus menyatakan diri-Nya sama dengan Tuhan dengan cara yang lain misal dalam memberikan pengampunan dosa, suatu pekerjaan yang hanya bisa dilakukan Tuhan.
      Dalam Markus 2:10-11, Yesus melakukan mujizat sekaligus memberikan pengampunan dosa:
      'Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa'.

      Yesus juga menyatakan bahwa Dia mempunya kuasa kehidupan, kuasa yang hanya dimiliki TUHAN saja.
      'Sebab sama seperti Bapa membangkitkan orang-orang mati dan menghidupkannya, demikian juga Anak menghidupkan barangsiapa yang dikehendaki-Nya.' (Yohanes 5:21)
      'Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya saatnya akan tiba dan sudah tiba, bahwa orang-orang mati akan mendengar suara Anak Allah, dan mereka yang mendengarnya, akan hidup.' (Yohanes 5:25)

      Hapus

    4. Yesus mengatakan bahwa 'supaya semua orang menghormati Anak sama seperti mereka menghormati Bapa' (Yohanes 5:23). Dalam kategori yang sama Yesus mendorong murid-murid-Nya, 'percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku' (Yohanes 14:1). Yesus tanpa meninggalkan keraguan, menyatakan diri-Nya sejajar dengan Allah.

      Pernyataan Yesus sebagai mesias yang dijanjikan

      Perjanjian Lama memberikan janji kedatangan mesias. Mesias berarti yang diurapi, seseorang yang diurapi Tuhan untuk melakukan penggenapan rencana keselamatan bagi umat manusia. Perjanjian Lama memberikan gambaran keilahian mesias. Ketika Yesus menyatakan bahwa Dia menggenapkan nubuat tentang mesias, secara langsung menyatakan keilahian-Nya.

      Sebagai contoh Yesaya berbicara mengenai Mesias
      'Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.' (Yesaya 9:5)
      'Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke atas gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda: "Lihat, itu Allahmu!"' (Yesaya 40:9)

      Dalam Daniel 7:13-14 dikatakan,
      'Dalam penglihatanku pada malam itu, kulihat sesuatu yang seperti manusia. Ia datang dengan dikelilingi awan lalu pergi kepada Dia yang hidup kekal dan diperkenalkan kepadanya.
      Ia diberi kehormatan dan kekuasaan sebagai raja, sehingga orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya akan bertahan selama-lamanya, pemerintahannya tidak akan digulingkan'.

      Ayat ini yang dikutip Yesus ketika imam besar menanyakan apakah Dia mesias.
      'Imam Besar itu bertanya kepada-Nya sekali lagi, katanya: "Apakah Engkau Mesias, Anak dari Yang Terpuji?"
      Jawab Yesus: "Akulah Dia, dan kamu akan melihat Anak Manusia duduk di sebelah kanan Yang Mahakuasa dan datang di tengah-tengah awan-awan di langit." '(Markus 14:61-62).

      Ketika Perjanjian Lama berbicara mengenai mesias, Perjanjian Lama juga berbicara mengenai keilahiannya. Ketika Yesus menyatakan Dia adalah kegenapan Perjanjian Lama mengenai mesias (Lukas 24:27,44; Matius 26:54), Yesus mengkaitkan diri-Nya sebagai Mesias yang menggenapkan apa yang telah tertulis di dalam Pejanjian Lama. Ini sekaligus menegaskan keilahian-Nya

      Hapus
  33. Mas bas cdragon apa anda tau yesus pertama kali dilantik menjadi tuhan pada tahun 325 masehi? Jadi sebelum itu dia belum menjadi tuhan, dan yg melantiknya sebagai tuhan adalah kaisar constantien kaisar romawi , pelantikannya terjadi di conseni (konferensi atau muktamar) dikota nizea . Jadi silahkan cari saja ayat yg mengatakan kalo yesus sendiri berkata dg jelas dan tidak ambigu bahwa aku adalah tuhan atau sembahlah aku :) . Malahan yesus berkata "dengarlah hai orang israel, tuhan Allah kita, tuhan itu esa " lalu di dalam surat at-tawbah 9:31 mereka menjadikan orang2 alimnya dan rahib2 mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) masih petra maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yg esa , tidak ada tuhan ( yg berhak disembah) selain dia, Maha suci AllAH dari apa yg mereka persekutukan

    BalasHapus
    Balasan
    1. lahhh..kan sudah saya jelaskan kenapa diadakanya konsili nicea dan mengapa Yesus di panggil Tuhan kan sudah saya jelaskan di atas.
      belum mudeng juga yah ? oke tak ringkas saja yah...

      siapa yang bisa mengampuni dan menghapus dosa dunia ? tuhan Allah bukan ? nah perhatikan injil lukas 5:20.
      "Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia: "Hai saudara, dosamu sudah diampuni."
      nah Yesus disitu menganghapus dosa manusia, berarti dia adalah Tuhan. apakah ada nabi yang bisa menghapus dosa manusia ?? tidak ada. malah muhammad masih minta di hapus dosanya. sederhana bukan ??
      Untuk ahmad robial aldi, berikut saya mengutip isi Pernyataan Konsili Nicea:

      Aku percaya kepada satu Allah, Bapa Yang Mahakuasa, Pencipta langit dan bumi, segala kelihatan dan yang tak kelihatan.

      Dan kepada satu Tuhan, Yesus Kristus, Anak Allah Yang Tunggal, lahir dari Sang Bapa sebelum ada segala zaman.Allah dari Allah, Terang dari Terang.Allah Yang Sejati dari Allah Yang Sejati, diperanakkan, bukan dibuat; sehakekat dengan Sang Bapa, yang dengan perantaraan-Nya segala sesuatu dibuat.

      Ia telah turun dari sorga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita; dan menjadi daging oleh Roh Kudus dari anak dara Maria; dan menjadi manusia.

      Ia disalibkan bagi kita di bawah pemerintahan Pontius Pilatus; menderita dan dikuburkan; yang bangkit pada hari ketiga, sesuai dengan isi kitab-kitab, dan naik ke sorga.

      Ia duduk di sebelah kanan Sang Bapa dan akan datang kembali dengan kemuliaan untuk menghakimi orang yang hidup dan yang mati; yang kerajaan-Nya takkan berakhir.

      Aku percaya kepada Roh Kudus, Tuhan yang menguasai dan menghidupkan, yang keluar dari Sang Bapa dan Sang Anak, yang bersama-sama dengan Sang Bapa dan Sang Anak disembah dan dimuliakan; yang telah berfirman dengan perantaraan para nabi.

      Aku percaya satu gereja yang kudus dan am dan rasuli. Aku mengaku satu baptisan untuk pengampunan dosa. Aku menantikan kebangkitan orang mati dan kehidupan di zaman yang akan datang. AMIN.

      isi Pernyataan Konsili Nicea berdasarkan pada Kitab Allah pada awal abab mula mula. Atau, adakah umat Muslim yang menemukan Pernyataan Konsili Nicea( thn 325) yang tidak terdapat dalam Kitab Allah?
      sebutkan satu ayat saja kalau ada yang di tambah atau di kurang.

      Hapus
  34. Bagaimana dengan ayat ke 15, apakah saudari irene handono bisa menjelaskan, karena harus dipahami bahwa memahami akan kebenaran Injil tidak bisa dengan sepenggal saja.semoga saudari diberkati Roh Kudus, kita ini hanyalah saksi-Nya tetapi Dia yang telah diutus dan diurapi sebagai Mesias adalah Hakim, pastilah saudari mengerti.

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.