irenacenter.com

irenacenter.com

Selasa, 31 Maret 2015

April Mop, Balasan Barat Terhadap Muslim Andalusia



April Mop di Barat dikenal dengan The April’s Fool Day. Pada 1 April itu, orang boleh dan sah-sah saja menipu teman, orang tua, saudara, atau lainnya, dan sang target tidak boleh marah atau emosi ketika sadar bahwa dirinya telah menjadi sasaran April Mop. Biasanya sang target, jika sudah sadar kena April Mop, maka dirinya juga akan tertawa atau minimal mengumpat sebal, tentu saja bukan marah sungguhan, dengan mengatakan, "April Mop!".

Namun banyak umat Islam yang ikut-ikutan merayakan April Mop ini tidak mengetahui, bahwa April Mop, atau The April’s Fool Day, berawal dari satu episode sejarah Muslim Spanyol di tahun 1487 M, atau bertepatan dengan 892 H.

Saat itu terjadi pembantaian ribuan umat Islam di Granada Spanyol di depan pelabuhan. Dengan tipuan akan diberangkatkan ke keluar Andalusia dengan kapal-kapal yang disediakan oleh Ratu Isabella, Muslim Andalusia malah dikonsentrasikan dan dengan mudah dibantai habis dalam waktu sangat singkat oleh ratusan pasukan salib yang mengelilingi dari segala penjuru.

Dengan satu teriakan dari pemimpinnya, ribuan tentara salib segera membantai umat Islam Spanyol tanpa rasa belas kasihan. Mereka kebanyakan terdiri atas para perempuan dengan anak-anaknya yang masih kecil-kecil. Jerit tangis dan takbir membahana. Seluruh Muslim Spanyol di pelabuhan itu habis dibunuh dengan kejam. Darah menggenang di mana-mana. Laut yang biru telah berubah menjadi merah kehitam-hitaman.

Bagi umat kristiani, April Mop merupakan hari kemenangan atas dibunuhnya ribuan umat Islam Spanyol oleh tentara salib lewat cara-cara penipuan. Sebab itulah, mereka merayakan April Mop dengan cara melegalkan penipuan dan kebohongan walau dibungkus dengan dalih sekadar hiburan atau keisengan belaka.

Itulah akhir dari kejayaan Islam di Andalusia. Sebuah peradaban Islam yang dimulai dari perjuangan Tariq Bin Ziyad pada tahun 711 M dan berakhir pada 1487 M. Selama tujuh abad lebih peradaban ini telah menyumbangkan kepada dunia, kemajuan dalam berbagai ilmu pengetahuan, kebudayaan serta aspek-aspek ke-islaman, Andalusia kala itu boleh dikatakan sebagai pusat kebudayaan Islam dan Ilmu Pengetahuan yang tiada tandingannya setelah Konstantinopel dan Bagdad.

Balasan Barat Terhadap Muslim Andalusia
Namun ada sebuah kisah yang sangat memilukan. Pada 2 Januari 1492, kardinal Devider memasang salib di atas Istana Hamra; istana kerajaan Nashiriyah di Spanyol. Tujuannya sebagai bentuk proklamasi atas berakhirnya pemerintahan Islam di Spanyol.

Kaum Muslimin dilarang menganut Islam, dan dipaksa untuk murtad. Begitu juga mereka tidak boleh menggunakan bahasa Arab, siapa yang menentang perintah itu akan dibakar hidup hidup setelah disiksa dengan berbagai cara. Gereja di masa pemerintahan monarki Raja Ferdianand dan Isabella membuat Dewan Mahkamah Luar Biasa atau yang dikenal dengan Lembaga Inkuisi sebuah lembaga peradilan yang bertugas untuk menghabisi siapa saja orang-orang di luar Katholik. Lembaga ini kemudian bermetamorfosa menjadi Opus Dei.

Empat abad setelah jatuhnya Islam di Spanyol, Napoleon Bonaparte pada 1808 mengeluarkan instruksi untuk menghapuskan Dewan Mahkamah Luar Biasa tersebut. Dan di sinilah kisah ini berawal. Ditulis oleh Syaikh Muhammad Al Ghazali dalam bukunya At Ta’asub Wat Tasamuh (hal 311-318).

Tentara Prancis menemukan tempat sidang Dewan Mahkamah Luar Biasa itu di sebuah ruang rahasia di dalam gereja. Di sana ada alat alat penyiksaan seperti alat pematah tulang dan alat pengoyak badan. Alat ini untuk membelah tubuh manusia. Ditemukan pula satu peti sebesar kepala manusia. Di situlah diletakkan kepala orang yang hendak disiksa. Satu lagi alat penyiksaan ialah satu kotak yang dipasang mata pisau yang tajam. Mereka campakkan orang orang muda ke dalam kotak ini, bila dihempaskan pintu maka terkoyaklah badan yang disiksa tersebut.

Di samping itu ada mata kail yang menusuk lidah dan tersentak keluar, dan ada pula yang disangkutkan ke payudara wanita, lalu ditarik dengan kuat sehingga payudara tersebut terkoyak dan putus karena tajamnya benda benda tersebut. Nasib wanita dalam siksaan ini sama saja dengan nasib laki laki, mereka ditelanjangi dan tak terhindar dari siksaan.

Inilah jawaban untuk kita, mengapa saat ini, kita tidak menemukan bekas-bekas peradaban Islam yang masih hidup di Spanyol. Seolah-olah tersapu bersih, sebersih-bersihnya. Inilah balasan Barat terhadap Muslim.

127 komentar:

  1. izin copas ummi :)
    saya ingin berbagi di blog saya
    syukron :)

    BalasHapus
  2. Ijin share ummi, terima kasih

    BalasHapus
  3. http://www.islamtomorrow.com/lies/fools.asp

    BalasHapus
  4. ijin saya mau share ya ummi, sebelum di blokir pemerintah dajalwi, terimakasih wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah Tuhan,anda sudah terlalu tua untuk mudah di provokasi

      Hapus
    2. ini sejarah dude...stupid

      Hapus
    3. Ibu Irena. .sepertinya anda dari dulu tdk tau sejarah

      Hapus
    4. Ibu Irena. .sepertinya anda dari dulu tdk tau sejarah

      Hapus
    5. kalau menganggap sejarah ini salah, mana sejarah april Mop yang sebenarnya.

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  5. Alhamdulillah! saya bisa menenukan tulisan yg membahas hilangnya generasi muslim di Andalusia dari peneliti yg bisa kami percaya. Terima kasih Ummi, semoga Alloh selalu memberikan perlindungan dan kesehatan. kalau bisa, Ummi menulis buku tentang masa sebelum Thoriq bin Ziad datang - masa Thoriq dan sesudahnya - dan masa habisnya generasi muslim di Andalusia. akan kami tunggu buku2 karya Ummi. Terima kasih.

    BalasHapus
  6. Kebusukan walau serapih apapun disimpan akan tercium juga baunya, kebenaran walau dirahasiakan sekuat mungkin akan tersiar juga akhirnya, tidak ada yang dapat menahan kehendak ALLAH, buat umat muslim istiqomah dengan keyakinan kita sampai akhir hayat dikandung badan.

    BalasHapus
  7. @...Esther : hj. Irena juga tadinya orang kristen...liat aja biografinya d atas dengan titlenya dulu sebagai biarawati dia lebih banyak tahu,tentang sejarah" kristen di mana d dalamnya banyak kebohongan,oleh karenanya beliau menjadi muallaf........begitu pula dengan ust.felix....liat aja d y**tube....smoga anda dan keluarga mendapatkan pencerahan.......peace

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kristen bukanlah kebohongan. Banyak orang Kristen yang mengetahui sejarah Kristen dengan benar. Kami adalah dalam terang dunia yaitu Tuhan Yesus Kristus, jadi tidak membutuhkan pencerahan lagi. Salam damai sejahtera. Maturnuwun.

      Hapus
    2. sakkarepmu. ibu irrene jelas lbih paham dr ente. makanya beliau sadar kalau jalan spiritualnya yg dulu itu salah. knapa ente blm nyadar jg.

      Hapus
    3. Semoga segera mendapat hidayah teman2

      Hapus
    4. BODOH! Sejak kapan Irene jadi biarawati?? Cuma 2 tahun tinggal d biara masih taraf postulan, belum sebagai biarawati. Dia bilang dia belajar di seminari agung. WOiiiiii!! Dimana mana seminari agung itu untuk kaum laki-laki calon pastur. Yang begitu saja sudah berbohong apalagi tentang yang lain nya. Lalu lo mau bilang klu bohong demi menyebarkan agama islam itu baik? Itu nama nya B-O-D-O-H!!

      Hapus
    5. bukan mksud menghina.. tp kita sesama umat beragama.. tdk ada ajaran dlm agama kita untuk saling menyakiti.. salam damai n smga dalam lindungan-Nya.. amin

      Hapus
    6. Saya dulu juga pernah ikut seminar beliau bertajuk kristologi, beliau memang muallaf

      Hapus
    7. Yang ngomong Tuhan Yesus mohon dikonfirmasi dimana dalam injil dikatakan atau Yesus berkata bahwa Aku adalah Tuhanmu.. jika di Al Qur'an jelas terang-terangan bahwa Allah adalah Tuhan. tapi kl diinjil apakah ada yang mengatakan bahwa Yesus itu Tuhan... Terima kasih.

      Hapus
    8. Yoga es 13:13....silahkan dibuka....

      Hapus
    9. silahkan saudara juga buka yohanes 14:24

      Hapus
    10. @sayap kiri : Yohanes 10:30 dan silahkan dilanjut membacanya sampai khatam pasti nanti paham.

      Hapus
  8. Izin share yah ummi,makasihh

    BalasHapus
  9. Saya muslim dan saya tidak merayakan April mop. Saya yakin saudara saudara saya yang muslim juga demikian. Dan saya juga yakin, penulis tidak berniat menebar kebencian dan dendam lewat tulisannya, karena benci dan dendam itu tidak dianjurkan di Agama Islam. Mungkin penulis hanya ingin mengajak saudaranya sesama muslim untuk tidak merayakan April mop juga. Sungguh, prasangka baik itu jauh lebih indah daripada kita saling menuduh. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kristen juga tidak mengajarkan dosa dan kejahatan. Sejarah Kristen juga penuh dengan kasih dan kebaikan nyata namun tidak pernah dipublikasikan dengan benar. Kristen juga tidak merayakan April Mop. Salam damai. Maturnuwun sanget.

      Hapus
    2. Samuel 15 : 2 - 3 yang berbunyi sebagai berikut :
      2. Beginilah firman Tuhan semesta alam : Aku akan membalas apa yang dilakukan orang Amalek kepada orang Israel, karena orang Amalek menghalangi mereka, ketika orang Israel pergidari Mesir. 3. Jadi pergilah sekarang, kalahkanlah orang Amalek, tumpaslah segala yang ada padanya, dan janganlah ada belas kasihan kepadanya. Bunuhlah semuanya, laki-laki maupun perempuan, kanak-kanak maupun anak-anak yang menyusu, lembu maupun domba, unta maupun keledai

      Hapus
    3. Salam damai Bapak Suara Qolbu. Panjenengan hanya mengutip sebagian ayat tanpa membaca keseluruhan peristiwa itu. TUhan YHWH telah memerintahkan ISrael untuk memusnahkan AMalek karena AMalek bangsa yang tetap menolak Tuhan melalui kebejatan hidup mereka. Apabila penjenengan membaca Alkitab secara utuh, khususnya soal Amalek, maka, penjenengan akan mengerti mengapa ada perintah itu. Tulisan sejarah itu menjadi pelajaran iman bagi Kristen bahwa Tuhan Yesus Kristus adalah Hakim Yang Adil PAda HAri KIamat. Kristen tetap kudus dan benar. MAturnuwun sanget.

      Hapus
    4. suara qolbu ; sya mau nanya apa ada kutipan dlm al kitab yg mnyatakn kl yesus itu Tuhan?? kl Tuhan knp hrus ada Tuhan bpk Tuhan Ibu??? setau sya Tuhan itu tunggal (satu) tidak beranak dan jg tidk d"peranakn (di lahirkan)... mhon penjelasan'y
      saling shaer z ....

      Hapus
    5. 1. Ayat Alkitab yg menyatakan Yesus itu TUHAN ada di Yohanes 13:13
      2. Tdk ada tuhan bapak, tuhan ibu dlm kekristenan
      3. Tuhan tdk beranak dan diperanakkan (secara biologis) itu jga bagian dr iman Kristen.

      Hapus
    6. jika menurut saudara, Tuhan tidak beranak dan diperanakkan secara biologis, lalu kenapa Isa hadir dalam bentuk manusia, memiliki fisik jasmani secara biologis?

      Hapus
    7. jika menurut saudara, Tuhan tidak beranak dan diperanakkan secara biologis,
      Jawab : benar sesuai pula dgn pernyataan dlm AlQuran
      --------------------
      lalu kenapa Isa hadir dalam bentuk manusia, memiliki fisik jasmani secara biologis?
      Jawab :
      Itu kehendakNya, dan bagi Tuhan yg maha kuasa, tidak ada seorang manusia ciptaannya yg dpt membatasi kuasanya bukan?!.

      Hapus
  10. Kristen tidak pernah merayakan April Mop. Kristen merayakan Tuhan Yesus Kristus dengan sikap mengasihi Tuhan dan sesama manusia. Inilah yang benar. Maturnuwun sanget.

    BalasHapus
  11. “Orang Yahudi dan Nasrani tidak merasa senang terhadap engkau ya Muhammad, sebelum engkau menuruti agama mereka, jawablah, bahwa petunjuk Allah jualah (agama Islam) yang sebenar-benarnya petunjuk. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu (QS 2: 120).

    “Mereka ingin supaya kamu menjadi kafir, sebagaimana mereka telah menjadi kafir (QS 4:89)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  12. Subhanallah..
    Ini baru pertama kali saya membaca artikel yang tidak ada kulitnya.
    Semua ini adalah isinya.

    Terimakasih atas sumbangan pemikiran guna mengembalikan pemahaman yang benar keda kami "Ummat Islam"

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar di mananya kawan? jangan terlalu rentan di provokasi tulisan seperti ini !!! jika pernyataan anda sperti diatas,jelas2 saat ini anda di penuhi rasa kebencian

      Hapus
    2. Belajar sejarah lagi bro.
      Atau kalo nte ada versi lain, silahkan share dimari.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    4. Masya Allah Umi, jazakumullah khairan barakallahu fiikum, artikel ini juga pernah saya baca yg rujukannya adalah artikel berbahasa perancis,disebuah situs saya lupa namanya.Teapi penulis artikel (org Prancis) merujuk tulisan tersebut dari tulisan yg masih keturunan seorang jendral, (org prancis).wallahu musta'an.
      Dalam tulisan tersebut dikatakan bahwa pada masa tersebut, tersebar peristiwa yg mengerikan dari orang2 yg menolak untuk dimurtadkan,dan sampailah kabar tersebut kepada Napoleon Bonaparte, dan kemudian bersama pasukannya Ia mendatangi tempat yg diisukan sebgai pengadilan inguinisi (sebuah gereja), maka disambutlah Napoleon oleh seorang pendeta dengan berbicara penuh kasih dan lemah lembut (seperti selogan orang Nasrani selama ini), setelah bertanya tentang maksud kedatangannya, dengan ramah Bapak pendeta tersebut mempersilahkan Napoleon dan tentaranya untuk memeriksa sekitarnya, apakah benar pengadilan inguinisi dan perbuatan biadab orang Nasrani yg terkenal penuh kasih tersebut.setelah diperiksa ternyata memang tidak ada, ahirnya pasukan Napoleon berniat kembali, tetapi sebelum keluar dari tempat itu seorang jendral berbisik kepadanya tentang sebuah idea.Maka kembalilah napoleon ketempat tadi dan disuruhnya pasukannya untuk mengambil air sebanyak-banyaknya, kemudian desrbarkan air tersebut keberbagai tempat disekitarnya, dan dengan seizin Allah air itu merembes dan menunjukkan dimana letak2 tempat yg mereka cari.Dan terbukalah tempat2 penyiksaan yg seperti Ibu Iren jelaskan diatas, tetapi sayang kebanyakan dari Saudara2 saya tersebut telah sekarat dan banyak pula yg telah hilang ingatannya akibat siksaan yg biadab dan tidak berprikemanusiaan itu.Wallahu mustaanWAMAKAU WAMAKARALLH WALLAHU KHAIRUL MAAKIRIIN.

      Hapus
  13. * Itulah akhir dari kejayaan Islam di Andalusia. Sebuah peradaban Islam yang dimulai dari perjuangan Tariq Bin Ziyad pada tahun 711 M dan berakhir pada 1487 M.

    ….he..he..he…sayang knapa ga diceritakan bagaimana cara memulai perjuangannya Tariq Bin Ziyad ..…….????


    * Inilah jawaban untuk kita, mengapa saat ini, kita tidak menemukan bekas-bekas peradaban Islam yang masih hidup di Spanyol. Seolah-olah tersapu bersih, sebersih-bersihnya. Inilah balasan Barat terhadap Muslim.
    -------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
    …...hal yg sama pula terjadi di negri kita sendiri, hilangnya bekas peradaban & kejayaan kerajaan Majapahit yg luar biasa…… silahkan baca2 sejarah…..

    BalasHapus
    Balasan
    1. BERMULANYA PENAKLUKAN KE ATAS ANDALUSIA

      Sebelumnya, sejak tahun 597 M, Spanyol dikuasai bangsa Gotic, Jerman. Raja Roderick yang berkuasa saat itu. Ia berkuasa dengan lalim nan kejam. Wanita merasa terancam kesuciannya, petani dikenakan pajak tanah yang tinggi, dan banyak lagi penindasan yang tak berperikemanausiaan. Raja dan kroni-nya bersuka ria dalam kemewahan sedang rakyat merintih dalam kesengsaraan. Sebahagian besar penduduk yang beragama Kristian danYahudi, berhijrah ke Afrika untuk mendapat ketenangan yang lebih menjanjikan. Dan saat itu Afrika, adalah sebuah daerah yang makmur dan mempunyai toleransi yang tinggi di bawah naungan pemerintahan Islam.

      Satu dari jutaan penghijrah itu adalah Julian Gubernur Ceuta yang puterinya Florinda telah dinodai oleh Roderick. Mereka memohon pada Musa bin Nusair, raja muda Islam di Afrika untuk memerdekakan negeri mereka dari penindasan raja yang zalim itu. Setelah mendapat persetujuan Khalifah, Musa melakukan pengintaian ke atas pantai selatan Sepanyol.

      Akhirnya, pada bulan Rejab tahun 97 H (bersamaan Julai 711 M), Musa bin Nushair memerintahkan pembantunya Thariq bin Ziyad untuk membebaskan Semenanjung Spanyol dari kekuasaan raja yg lalim dengan memimpin 12,000 tentera Muslim menyeberangi selat antara Afrika dan daratan Eropa yang dipisahkan oleh Lautan Mediterranean sejauh 13 batu ini dengan kapal-kapal pemberian Julian Gabenor Ceuta.
      =======================

      Begitulah ringkasannya...!!! Apakah Sdr. Joseph punya refrensi lain tentang sejarah penaklukan Andalusia oleh penguasa Muslim ???

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. JATUHNYA KERAJAAN MAJAPAHIT

      Sesudah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuasaan Majapahit berangsur-angsur melemah. Setelah wafatnya Hayam Wuruk pada tahun 1389, Majapahit memasuki masa kemunduran akibat konflik perebutan takhta. Pewaris Hayam Wuruk adalah putri mahkota Kusumawardhani, yang menikahi sepupunya sendiri, pangeran Wikramawardhana. Hayam Wuruk juga memiliki seorang putra dari selirnya Wirabhumi yang juga menuntut haknya atas takhta. Perang saudara yang disebut Perang Paregreg diperkirakan terjadi pada tahun 1405-1406, antara Wirabhumi melawan Wikramawardhana. Perang ini akhirnya dimenangi Wikramawardhana, semetara Wirabhumi ditangkap dan kemudian dipancung. Tampaknya perang saudara ini melemahkan kendali Majapahit atas daerah-daerah taklukannya di seberang.

      Ketika Majapahit didirikan, pedagang Muslim dan para penyebar agama sudah mulai memasuki Nusantara. Pada akhir abad ke-14 dan awal abad ke-15, pengaruh Majapahit di seluruh Nusantara mulai berkurang. Pada saat bersamaan, sebuah kerajaan perdagangan baru yang berdasarkan Islam, yaitu Kesultanan Malaka, mulai muncul di bagian barat Nusantara. Di bagian barat kemaharajaan yang mulai runtuh ini, Majapahit tak kuasa lagi membendung kebangkitan Kesultanan Malaka yang pada pertengahan abad ke-15 mulai menguasai Selat Malaka dan melebarkan kekuasaannya ke Sumatera. Sementara itu beberapa jajahan dan daerah taklukan Majapahit di daerah lainnya di Nusantara, satu per satu mulai melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.
      =============================

      Lagi-lagi keruntuhan kerajaan Majapahit karena keserakahan kekuasaan sehingga menimbulkan Perang saudara yang dikenal Perang Paregreg, disaat pusat kerajaan sedang melemah banyak kerjaan kecil taklukan kerajaan Majapahit berani melepaskan diri dan banyak yg melakukan pemberontakan.

      Hapus
    4. Pembebasan Kota Moron

      Setelah pembebasan Sidonia, Thariq melanjutkannya ke kota Moron. Sama seperti Sidonia, pembebasan Moron pun dibantu oleh orang Yahudi. Kemudian, Thariq menyerahkan kepemimpinan kota sementara kepada orang-orang Yahudi sementara ia melanjutkan pembebasan[31]. Pada zaman kuno, kota ini bernama Mawror. Di zaman modern, kota Moron berganti nama menjadi Moron de la Frontera[32].
      Pembebasan Kota Carmona

      Setelah pembebasan Moron, Thariq kembali melaju membebaskan kota Carmona[33].
      Pembebasan Kota Alcalá de Guadaíra

      Setelah Carmona berhasil dibuka, Thariq dan pasukannya melaju ke Kota Alcala de Guadaira[34]. Ia juga dapat mengalahkan kota ini dengan mudah.[35]
      Pembebasan Kota Guadalajara

      Thariq menuju kota Guadalajara dan berhasil menembus kota tersebut.[36]
      Pembebasan Kota Ecija

      Selanjutnya, Thariq membebaskan kota Ecija. Pasukan Thariq berhasil menangkap gubernur Ecija dan menawarkan sebuah kesepakatan damai. Kesepakatannya adalah gubernur harus menyerahkan Ecija dan menyerahkan pajak secara rutin. Sebagai imbalannya, ia akan tetap dibiarkan memerintah Ecija.[37]
      Pembebasan Kota Kordoba

      Thariq mengirim Mughyet ar-Rumi dan 700 pasukan berkuda untuk membebaskan Kordoba. Ternyata, Kordoba dipertahankan oleh 400 tentara yang sangat kuat dan memiliki pasokan air yang banyak. Dengan pertempuran sengit, Mughyet berhasil menembus benteng kota dan merebut seluruh kota. Seluruh pasukan Kordoba yang tersisa berlindung ke sebuah gereja di barat kota dengan pasokan air tak terbatas yang mengalir dari gunung. Setelah mengepung pasukan Kordoba selama 3 bulan, Mughyet mengutus Rabah, seorang dari bangsa Afrika, untuk menyusup ke gereja. Para prajurit Kordoba menangkap Rabah dan bingung mengapa kulitnya hitam, tidak seperti mereka yang putih. Rabah berhasil meloloskan diri dengan sebuah siasat dan memberitahu posisi pasokan air. Mughyet segera memerintahkan untuk memutus pasokan air tersebut. Pasukan Kordoba yang tidak mampu bertahan dari kehausan akhirnya melakukan bunuh diri massal dengan membakar gereja tempat mereka berlindung. Akhirnya, Mughyet berhasil membebaskan Kordoba dengan susah payah.[38]
      Pembebasan Kota Granada

      Pasukan pembebasan Granada diberangkatkan bersamaan dengan pasukan Mughyet. Tanpa memakan waktu lama, Granada pun dapat dibebaskan.[39]
      Pembebasan Kota Almunecar

      Pasukan Thariq kemudian menuju Kota Almunecar. Ia tidak menemui kesulitan berarti dalam membuka Almunecar.[40]
      Pembebasan Kota Toledo

      Thariq dan pasukannya yang lain berangkat menuju Toledo, ibukota Visigoth. Ternyata, Toledo telah kosong ditinggalkan penduduknya. Thariq meninggalkan sedikit pasukannya untuk menjaga Toledo sementara ia melanjutkan pembebasan.[41]
      Pembebasan Kota Medinat Al-Maida

      Hapus
  14. Izin share ummi..

    http://blogselintas.blogspot.com

    Terima kasih,
    Salaam,

    BalasHapus
  15. Pada dasarnya semua agama mengajarkan pada kebaikan, para umatnya yg kurang pengetahuan dan tidak berfikir panjang lah yg akhirnya membuat perbedaan.. peace.. salam damai antar umat beragama :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali Bapak Arfan PAnjul. Penjenengan menyampaikan komentar yang benar. MAturnuwun sanget.

      Hapus
  16. Sangat kagum dengan ibu
    Dr jaman sma (2004-2007),,saya baca buku2 ibu
    Bnr2 bagus dan masuk akal logika2 ibu
    Sungguh cerdas
    Teruskan berdakwah bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga terkagum kagum masya Allah, hidayah datang kepada siapa yg dikehendakinya dan bagi siapa yg mau membuka hatinuraninya dengan seizin Allah.wallahu mustaan.

      Hapus
  17. Indahnya perbedaan pendapat..semoga bisa lebih legowo untuk saling menghargai sesama pendapat ;)

    BalasHapus
  18. Saya selalu kagum dg orang2 yg mampu menemukan kebenaran dg kekuatan akalnya spt ummi Hj. Irena, Ust. Felix, dll. Benar bahwa Islam hanya untuk orang2 yg berakal.

    BalasHapus
  19. Thariq melanjutkan perjalanannya menuju kota Medinat Al-Maida (Kota Meja), yakni kota kecil di dekat Toledo. Medinat Al-Maida adalah nama pemberian kaum Muslimin Al-Andalus, sementara nama asli kota ini tidak diketahui[42]. Di kota ini Thariq dan pasukannya menemukan harta rampasan perang yang banyak sekali. Mereka kemudian membawa dan mengumpulkannya bersama harta rampasan perang lain di Toledo. Berikut adalah harta-harta yang ditemukan Thariq:

    Meja Sulaiman. Ini adalah meja milik Nabi Sulaiman bin Daud yang konon dicuri dari istananya dan dibawa ke Spanyol
    Kitab-kitab kuno Injil, Taurat, dan Zabur berjumlah 21 salinan
    Sebuah kitab kuno tentang Nabi Ibrahim
    Sebuah kitab kuno tentang Nabi Musa
    Kitab-kitab kuno ilmu pengetahuan alam, yakni tentang obat-obatan, binatang, dan lainnya
    Mahkota-mahkota bertaburan emas dan permata milik raja Visigoth berjumlah 27
    Kitab-kitab kuno para filsuf
    Perhiasan dan karya seni yang begitu bagus[43][44]

    Setelah serentetan pembebasan ini, Thariq dan pasukannya beristirahat di Toledo.
    Pembebasan Al-Andalus Tahap Kedua

    Catatan: banyak pendapat mengenai urutan pembebasan kota demi kota yang dilakukan Thariq, Musa, dan pasukannya. Urutan pembebasan dalam artikel ini hanyalah satu versi di antara banyak versi lain.
    Kedatangan Musa Bin Nusayr

    Musa bin Nusayr datang ke Semenanjung Iberia bersama 18.000 tentara[45] untuk membantu Thariq melakukan pembebasan. Ia datang pada Ramadhan 93 H (Juni 712 M).[46] Menurut beberapa sumber, Julian dan pasukannya juga ikut dalam rombongan ini.[47]
    Keikutsertaan Sahabat Nabi

    Bersama Musa, datang juga seorang sahabat Nabi Muhammad yang hampir berusia 100 tahun, namanya adalah Abu al-Munaizir. Menurut sejarawan Ar-Razi, Abu al-Munaizir adalah salah satu sahabat nabi yang termuda.[48]
    Keikutsertaan Tabiin

    Selain itu, banyak para tokoh tabiin yang ikut. Menurut Alwi Alatas, mereka adalah sebagai berikut:

    Hans as-San'ani
    Ibnu Rabah al-Lakhmi
    Abdullah bin Yazid al-Ma'arefi al-Jobeli
    Hayyan ibnu Abi Hoblah
    Iyadh bin Uqbah al-Fihri
    Habib bin Abi Ubaidah
    Abdullah bin Said
    Ibnu Shamasah
    Al-Mughirah bin Abi Burdah Nashitt bin Kinanah al-Adri
    Hayyat bin Reja at-Tamimi.[49]

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanalloh. Lengkap sekali Antum punya referensi. Ane hanya berdasarkan 'Dari puncak Andalusia'.
      Dimna sy dapat buku2 tsb.
      Terima kasih.
      Wassalam.

      Hapus
  20. Pembebasan Kota Seville

    Musa bin Nusayr segera bertindak cepat. Ia bersama pasukannya membebaskan kota-kota yang belum sempat dibebaskan oleh Thariq. Dalam waktu yang singkat, Seville berhasil dibebaskan[50]. Musa menjadikan kota ini sebagai ibukota Islam.[51]
    Pembebasan Kota Niebla

    Setelah Seville, Musa bergerak ke kota Niebla. Tanpa mengalami kesulitan, Niebla pun segera dibebaskan.[52]
    Pembebasan Kota Faro

    Musa kembali bergerak menuju kota Faro. Dengan mudah, kota Faro pun berhasil dibuka.[53]
    Pembebasan Kota Beja

    Musa kali ini menuju kota Beja. Kota ini adalah kota garnisum yang dibangun oleh Julius Caesar[54]. Dalam waktu singkat pun kota Beja berhasil dikuasai pasukan Musa.[55]
    Pembebasan Kota Malaga

    Musa memecah pasukannya. Ia memerintahkan anaknya, Abdul A'la bin Musa, untuk membawa pasukan menuju Malaga. Tanpa kesulitan berarti, Abdul A'la berhasil membuka kota Malaga.[56]
    Pembebasan Kota Evora

    Musa memerintahkan Abdul Aziz bin Musa, anaknya yang lain, untuk menuju Kota Evora. Sama seperti sebelumnya, Evora pun mudah untuk dibebaskan.[57]
    Pembebasan Kota Jaen

    Abdul Aziz bin Musa juga berhasil membebaskan Jaen.[58]
    Pembebasan Kota Sagunto

    Kemudian, Abdul Aziz bin Musa menuju Sagunto. Ia dan pasukannya berhasil membuka gerbang kota.[59]
    Pembebasan Kota Murcia

    Abdul Aziz bin Musa menuju Kota Murcia. Theodomir (Arab: Tudmir) sejauh ini berhasil mempertahankan kotanya dengan baik walau dengan sedikit prajurit. Ia meminta seluruh wanita untuk berpakaian baju besi dan mengangkat busur di puncak-puncak benteng mereka. Ini membuat Abdul Aziz mengira bahwa mereka sedang bertempur melawan pasukan yang sangat banyak.

    Berkat siasat itu, Abdul Aziz pun meminta kesepakatan damai dan Theodomir menyetujuinya. Theodomir diperbolehkan tetap menguasai Murcia dengan hukum yang ditetapkannya asalkan membayar pajak tahunan dalam bentuk uang, biji-bijian, cuka, madu, minyak, dan anggur[60][61]. Di kemudian hari, kaum Mulim Al-Andalus menyebut tempat itu Bilad Tudmir (Negeri Tudmir)[62]. Berikut ini adalah perjanjian antara Theodomir dan Kaum Muslim:

    "[Tudmir] tidak akan:

    Memberikan perlindungan bagi buronan dan musuh-musuh kita
    Mendorong setiap orang yang dilindungi untuk takut kepada kita
    Menyembunyikan berita tentang musuh-musuh kita"[63]

    BalasHapus
  21. Pembebasan Kota Merida

    Musa bin Nusayr dan pasukannya menuju kota Merida. Ternyata, pasukan Merida sangat kuat dan kaum muslimin tidak bisa menang. Sampai hampir tiba Idul Fitri, pasukan Musa tidak sanggup menembus Merida. Saat hari raya Idul Fitri, Musa memerintahkan para prajuritnya untuk mewarnai rambut dan janggut mereka dengan warna merah sekadar untuk merayakan Idul Fitri. Pasukan Visigoth yang tidak tahu apa-apa terpesona karena rambut pasukan Musa berubah menjadi merah. Musa yang menyadari hal itu segera bertindak cepat. Esoknya, ia memerintahkan prajuritnya untuk mewarnai rambut mereka dengan warna hitam. Prajurit Visigoth pun terpesona kembali. Mereka berkomentar,

    "Kami sudah melihat raja mereka, seorang yang sudah tua, tetapi kemudian bisa berubah menjadi muda lagi. Karenanya ikutilah nasihat kami, bahwa kita harus pergi kepadanya dan memenuhi permintaannya, sebab kita tak akan sanggup menghadapi orang-orang seperti mereka"

    Akhirnya, diadakanlah perjanjian damai seperti yang dilakukan di beberapa kota yang lain. Mereka harus membayar pajak tahunan seperti kota lain[64].

    Menurut David Levering Lewis, cara ini belum berhasil sepenuhnya membuat pasukan Visigoth menyerah. Saat inilah Julian beserta pasukannya berpura-pura bertindak sebagai bala bantuan. Ia meminta dibukakan pintu gerbang. Setelah berhasil masuk ke dalam kota, pasukan Julian menghembuskan kabar bahwa Musa dan pasukannya adalah prajurit dewa yang mampu mengubah penampilan dan umur mereka sesuka hati. Mereka menyuruh pasukan Visigoth untuk menyerah saja. Akhirnya, perjanjian damai pun dibuat.[65]
    Pembebasan Kota Talavera

    Pasukan Musa mampir ke kota Talavera untuk membebaskannya sebelum menuju Zaragoza bersama Thariq[66]
    Pembebasan Kota Zaragoza

    Kota Zaragoza ini dikenal juga dengan nama Saragossa. Setelah membuka Kota Merida, Musa memecah pasukannya menjadi dua. Abdul Aziz bin Musa melanjutkan perjalanan sementara Musa sendiri bertemu dengan Thariq di Toledo (pendapat lain mengatakan mereka bertemu di Kota Talavera, sebelah barat Toledo)[67]. Musa bin Nusayr dan Thariq pun menggabungkan pasukan dan berhasil membebaskan Zaragoza.[68] Zaragoza pada zaman dahulu adalah pusat Romawi Kuno. Di kota ini, Musa mendirikan masjid besar Sarakusta. Saat ini, masjid Sarakusta telah diubah menjadi Katedral La Seo.[69]
    Pembebasan Kota Burgos

    Setelah itu, pasukan menuju Kota Burgos dan dapat dibebaskan dengan mudah. Salah satu desa yang dibebaskannya bernama desa Amaya.[70][71]
    Pembebasan Kota Coimbra

    Abdul Aziz bin Musa yang membawa cukup banyak pasukan segera menuju kota Coimbra, sekarang ada di Portugal. Kota ini dapat dibebaskan tanpa banyak kesulitan.[72]

    BalasHapus
  22. Pembebasan Kota Santarem

    Setelah itu, Abdul Aziz bin Musa menuju Santarem. Sama seperti Coimbra, gerbang Santarem pun dapat dibuka dengan mudah.[73] Saat ini Santarem berada di Portugal.
    Pembebasan Kota Mertola

    Pasukan Musa menuju Mertola dan berhasil mengalahkan tentara-tentara penjaga kota[74]
    Pembebasan Kota Salamanca

    Pasukan Musa bin Nusayr menuju Salamanca dan berhasil membuka gerbangnya.[75]
    Pembebasan Kota Valencia

    Valencia juga dapat dibebaskan setelah bertarung cukup keras.[76]
    Pembebasan Kota Valladolid

    Pasukan bergerak ke arah Valladolid dan bisa membuka gerbang kotanya[77]
    Pembebasan Kota Barcelona

    Setelah Zaragoza, Musa dan Thariq menuju Barcelona dan berhasil membebaskan kota tersebut dengan mudah.[78][79]
    Pembebasan Kota Leon

    Thariq bin Ziyad dan Musa membagi pasukannya. Thariq memacu kudanya menuju provinsi Leon dan Castile. Ia membebaskan kota Leon, Spanyol, setelah bertempur cukup sengit.[80]
    Pembebasan Kota Astorga

    Setelah itu, Thariq menuju kota Astorga. Di sini Thariq dengan mudah bisa membuka gerbang kota dan menguasainya.[81]
    Pembebasan Kota Oviedo

    Musa menuju kota Oviedo yang berada dalam kekuasaan kerajaan Asturias. Tidak memerlukan waktu lama, akhirnya Musa bisa menguasai kota ini.[82]
    Pembebasan Kota Gijon

    Thariq menuju Kota Gijon dan berhasil membebaskannya.[83]
    Meneruskan Pembebasan

    Musa dan Thariq meneruskan pembebasan menuju arah barat Al-Andalus, tetapi nama kota dan urutan yang mereka bebaskan tidak diketahui. Setelah itu, mereka kembali ke Toledo[84].
    Status Wilayah Ceuta

    Karena dianggap telah banyak membantu pasukan Thariq, Julian tetap dibiarkan menguasai Ceuta untuk menghormatinya. Thariq hanya mewajibkannya mengirim pajak tahunan. Kelak, ketika Julian sudah meninggal, wilayah Ceuta baru dimasukkan ke dalam area kekhalifahan Islam. Sementara itu, nasib Florinda tidak diketahui[85]
    Kondisi Pasca Pembebasan
    Politik


    BalasHapus
  23. Thariq bin Ziyad diangkat menjadi gubernur Al-Andalus untuk sementara. Ia bersama Musa bin Nusayr menegakkan hukum Islam di seluruh penjuru Semenanjung Iberia[86]. Para pemimpin yang sudah menandatangani perjanjian damai dengan pasukan Thariq wajib membayar pajak tahunan dan mengakui kekuatan kekhalifahan Islam. Sebagai imbalannya, mereka diizinkan memiliki pemerintahan yang independen. Mereka juga dilindungi seperti warga lainnya.

    Thariq juga berusaha menyelesaikan hak-hak yang sebelumnya dirampas oleh Roderick, misalnya seperti kasus Witiza. Witiza adalah penguasa Semenanjung Iberia sebelum Roderick. Namun, pada tahun 710 M, Roderick mengadakan kudeta berdarah terhadap pemerintahan Witiza sehingga ia terbunuh. Harta-harta Witiza pun banyak yang dierebut. Pada pertempuran Guadalete, pasukan pendukung Witiza yang direkrut oleh Roderick membelot ke Thariq. Pasukan Witiza sepakat akan membantu Thariq dengan imbalan Thariq memberikan hak mereka yang telah dirampas Roderick, yakni 3.000 peternakan[87] dan 1.000 desa[88].

    Setelah pertempuran Guadalete selesai, anak-anak Witiza menemui Thariq dan meminta pelunasan janjinya. Thariq meminta mereka untuk menemui Musa bin Nusayr di Qayrawan, ia yang akan menyelesaikan urusan mereka. Thariq pun membantu menuliskan surat rekomendasi kepada Musa tentang kasus tersebut. Setelah membaca surat Musa dan penuturan anak-anak Witiza, Musa pun mengabulkan keinginan itu. Ia mengembalikan hak mereka yang telah dirampas oleh Roderick, yakni 3.000 peternakan dan 1.000 desa.[89]
    Sosial-Ekonomi

    Sebelum pembebasan Al-Andalus, Visigoth mempraktekkan Latifundium. Itu adalah sebuah praktek pengolahan tanah yang pekerjanya adalah para budak, mirip seperti industri perkebunan pada zaman sekarang. Menurut David Levering Lewis, ekonomi Visigoth dibangun di atas perbudakan[90]. Setelah Thariq datang, tanah itu dibagi-bagi ke petani lokal. Sebagian besar budak juga dibebaskan atau mereka membebaskan diri mereka sendiri dengan tebusan (pada zaman Visigoth, budak tidak diizinkan menebus diri mereka).

    Thariq juga membebankan pajak umum kepada seluruh masyarakat, baik ia Muslim, Nasrani, atau Yahudi. Khusus penduduk Nasrani dan Yahudi, ada pajak personal atau bila mereka tidak mampu, mereka menggantinya dengan mengikuti wajib militer. Pajak ini bertingkat sesuai tingkat profesionalitas mereka. Semakin profesional dan kaya, pajaknya semakin besar. Selain itu, ada pula kelompok masyarakat bebas pajak, mereka adalah:

    Perempuan
    Anak-anak
    Biarawan
    Orang-orang cacat
    Orang sakit
    Pengemis
    Para budak[91]

    Pelayo dari Asturias

    Semenanjung Iberia sudah selesai dikuasai kecuali daerah Asturias. Ada seorang bangsawan Visigoth yang bernama Pelayo, kemungkinan ia adalah pengawal pribadi Roderick. Pelayo berhasil meloloskan diri dari Pertempuran Guadalete dan menyusun pasukan kembali. Pada suatu hari mereka menyerang pasukan Thariq tetapi tidak berhasil. Pelayo dan pengikutnya terdesak hingga tinggal 30 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Mereka kemudian menyingkir ke daerah Covadonga, daerah yang terjal dan berbukit-bukit. Pasukan Thariq terus mengepung mereka sampai Pelayo dan pengikutnya kelaparan. Mereka hanya mampu makan madu yang mereka kumpulkan dari pohon terdekat.

    Pasukan Thariq berpikir tidak perlu mengejar Pelayo lagi karena ia dan pengikutnya akan mati kelaparan sendiri. Oleh karena itulah, mereka kemudian meninggalkan Pelayo dan melupakan kejadian itu. Ini adalah kesalahan fatal Pasukan Thariq. Tanpa disangka, Pelayo berhasil bertahan dari kelaparan dan menyusun ulang kekuatannya kembali. Pelayo mendirikan Kejaraan Asturias dan menjadi cikal bakal kekuatan masa depan yang berhasil mengusir Kaum Muslimin dari Semenanjung Iberia.[92]
    Toleransi Agama ala Thariq
    Kondisi Pra-Islam

    BalasHapus
  24. Awalnya, kondisi hubungan antaragama cukup baik di Visigoth. Namun, semua berubah ketika Dewan Toledo Ketujuh mendeklarasikan sebuah dekrit, "Raja tidak akan menoleransi seorang pun yang tidak Katolik dalam kerajaannya"[93]. Bangsa Yahudi dipaksa untuk pindah agama menjadi Katolik dan dijadikan budak sementara Kristen Unitarian dianggap bid'ah oleh kerajaan. Perayaan agama seperti Paskah, pelaksanaan hukum makanan, dan pernikahan agamis dilarang. Akhirnya, ribuan orang Yahudi banyak yang kabur ke Pyrennes di barat daya Prancis. Kaum Yahudi adalah kelompok yang paling tersiksa, oleh karena itu saat pasukan Thariq datang, mereka senang karena berarti Visigoth telah runtuh. Mereka juga membantu Thariq membukakan pintu gerbang kota.[94]

    BalasHapus
  25. Kondisi Setelah Pembebasan

    Terdapat sebuah perjanjian damai yang banyak membicarakan tentang toleransi agama. Teks ini tertanggal 713 M, disusun oleh Abdul Aziz bin Musa dan Theodomir. Berikut adalah teksnya yang berhubungan dengan toleransi agama:

    "Umat Kristen diperbolehkan untuk tetap mempertahankan gereja-gereja dan biara-biara mereka, demikian pula kaum Yahudi diperbolehkan mempertahankan sinagog-sinagog mereka..."

    "Komunitas-komunitas Kristen dan Yahudi tetap memegang dan menerapkan hak hukum otonom dalam setiap perselisihan yang tidak melibatkan hak-hak kaum Muslim. Mereka juga mempunyai pemimpin-pemimpin mereka sendiri, uskup-uskup, serta comite (bangsawan yang ditunjuk) untuk mewakili mereka dalam pemerintahan Muslim"[95]
    "Pengikutnya tidak akan dibunuh atau dijadikan tawanan..Mereka tidak akan dipaksa dalam hal agama, gereja mereka tidak akan dibakar"[96]

    Thariq dan pasukannya berusaha menegakkan toleransi agama dengan maksimal. Kelompok yang paling senang dengan kebijakan ini adalah Yahudi, mengingat mereka sebelumnya begitu menderita di bawah tekanan Visigoth. Namun, selain Yahudi, kelompok Nasrani pun menunjukkan ketertarikan yang kuat. David Levering Lewis mengomentari masalah toleransi ini dengan berkata:

    BalasHapus
  26. "Tradisi kebebasan relatif dalam hal-hal sipil menjadi sangat dihormati di Al-Andalus, dengan hasil sangat baik sehingga banyak keturunan aristokrat dan rakyat Katolik mereka segera siap untuk tunduk kepada penguasa muslim sebagaimana orang-orang Yahudi dari Kordoba dan Sevilla"[97]
    Perselisihan Thariq dengan Tokoh yang Lain
    Perselisihan Thariq-Musa
    Kasus Pembebasan Al-Andalus

    Setelah pertempuran Guadalete, Musa mengirim surat kepada Thariq, memintanya untuk menunda pembebasan sampai ia tiba ke Al-Andalus. Namun, kali ini Thariq tidak menaati Musa. Pertimbangan Thariq adalah jika ia menunda pembebasan, maka Visigoth akan berhasil menyusun kekuatan dan menyerang balik pasukan Thariq. Oleh karena itulah, Thariq tetap melanjutkan pembebasan[98].

    Saat Musa bertemu Thariq di Toledo, Musa masih ingat persoalan tersebut dan menjadi sangat marah. Ia memecut Thariq di depan pasukannya sendiri dan menjebloskannya ke penjara. Namun, Musa segera menyadari bahwa perilakunya ke Thariq sangat berlebihan. Akhirnya, Thariq dibebaskan dan diangkat kembali menjadi pemimpin pasukan. Kemudian, mereka berdua melanjutkan pembebasan terhadap Al-Andalus.[99]

    BalasHapus
  27. Kasus Meja Sulaiman

    Thariq menemukan Meja Sulaiman di kota Medinat Al-Maida. Namun, Musa meminta Thariq untuk menyerahkan Meja Sulaiman dan seluruh harta rampasan perang kepadanya. Thariq pun memotong salah satu kaki meja dan menyembunyikannya. Saat Musa bertanya soal kaki meja yang hilang, Thariq berkata saat ditemukan memang sudah seperti itu. Musa pun mengklaim ke Al-Walid bahwa ia yang menemukan Meja Sulaiman dan harta rampasan yang lain.

    Ketika Musa dan Thariq dipanggil ke Damaskus untuk menyerahkan harta rampasan, Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik (Al-Walid sudah meninggal sebelum sidang kasus Meja Sulaiman dilangsungkan) bertanya mengapa kaki Meja Sulaiman terpotong. Musa berkata memang sudah terpotong seperti itu saat ia temukan. Saat itulah Thariq mengeluarkan kaki meja yang sebelummnya telah ia potong. Ini menunjukkan bahwa Thariq-lah sebenarnya yang menemukan Meja Sulaiman. Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik pun marah dan menghukum Musa.[100]

    BalasHapus
  28. Perselisihan Thariq-Rughyet

    Menurut Alwi Alatas, Thariq sempat berselisih dengan Rughyet. Saat Thariq telah kembali ke Damaskus, khalifah Sulaiman bin Abdul Malik memanggil Rughyet untuk meminta pendapatnya bagaimana kalau ia melanjutkan pengangkatan Thariq menjadi gubernur Al-Andalus.

    Rughyet menolaknya dan mengatakan bahwa itu terlalu berbahaya, sebab

    "Andaikata Thariq meminta rakyat Al-Andalus untuk shalat tidak menghadap Ka'bah, tentulah mereka akan mematuhinya", kata Rughyet.

    Rughyet menggambarkan bahwa rakyat Al-Andalus sangat taat terhadap Thariq dan itu bisa membahayakan kedudukan khalifah Sulaiman bin Abdul Malik. Akhirnya, Sulaiman tidak jadi mengangkat Thariq kembali menjadi gubernur Al-Andalus.

    Saat Thariq mendengar hal ini, ia menemui Rughyet dan menanyakan alasannya mengapa ia berkata seperti itu. Rughyet mengatakan ia membalasnya karena Thariq pernah merampas tawanan milik Rughyet.

    "Jika kamu membiarkanku bersama tawananku dan tidak merebutnya, aku akan membiarkan Al-Andalus ada di tanganmu", kata Rughyet.[101]

    BalasHapus
  29. Tahun-Tahun Akhir Thariq bin Ziyad

    Setelah beberapa saat menjadi gubernur Al-Andalus, Thariq bin Ziyad dipanggil kembali oleh khalifah Al-Walid ke Damaskus. Ia berangkat bersama Musa bin Nusayr pada September 714 M[102]. Tahun-tahun akhir hidup Thariq bin Ziyad masih penuh misteri dan belum diketahui. Ia wafat tahun 720 M di Damaskus.[103]
    Quotes tentang Thariq bin Ziyad

    "Thariq adalah orang yang pemberani, gagah, lebih mencintai pertempuran dibandingkan harta benda" (Henry Coppee)[104]
    "Dia (Thariq bin Ziyad) pasti tidak terlalu tua, seorang penunggang kuda yang amat cekatan, dan hampir pasti terlahir sebagai seorang pemimpin" (David Levering Lewis)[105]
    "Seperti (Julius) Caesar, Thariq adalah seorang petaruh yang mampu mengilhami tentaranya untuk mati berjuang dengan penuh pengabdian melawan rintangan yang menakutkan" (David Levering Lewis)[106]

    BalasHapus

  30. Quotes tentang Pembebasan Al-Andalus

    "Pada malam kedatangan Islam di benua Eropa, peradaban Eropa hanya -dan memang, tak lebih dari- sebuah kemungkinan...Yang memberi janji kebangkitan kembali Eropa justru adalah peradaban baru umat Islam yang hendak ditransfer oleh Thariq bin Ziyad dan beberapa ribu prajurit Berbernya dari Afrika Utara ke Hispania" (David Levering Lewis)[107]
    "Saat cahaya kebenaran menyinari Spanyol, realitas otentik negeri ini terungkap dalam alur yang paling terang" (Americo Castro)[108]
    "Mereka (Visigoth) segera digantikan oleh 'Elang-Elang Arab dan Afrika' yang tidak hanya merebut Semenanjung Iberia dari tangan bangsa Visigoth, tetapi juga mengukir salah satu mozaik terindah dalam peradaban dunia" (Alwi Alatas)[109]

    BalasHapus
  31. baca sejarah ya yang baik dan benar

    BalasHapus
  32. jangan hanya menceritakan kejelekan agama orang lain aja...baca sejarah pembantaian kekristenan oleh muslim juga di turkey saat kekristenan telah duluan berada di turkey

    BalasHapus
  33. kelemahan sebuah negara/kerajaan bukan berarti kelemahan moral spiritual...jika kita mengakui ada 5 agama besar hindu, budha, yahudi, kristen dan islam....ke kristenan tidak pernah menjadi mayoritas di daerah/wilayah yang telah menganut agama lain sebelumnya....termasuk di indonesia kristen bukan yg mayoritas,,,,,baca sejarah Kesultanan Utsmaniyah....piss biar jadi bijak

    BalasHapus
  34. Ibu Irena dan Saudara-saudara Muslim/Islam yang terkasih,

    Cobalah berpikir dengan pikiran yang jernih dan tantang iman anda : Masakan Alquran/Islam yang ujug-ujug ada tahun 600-700 setelah Masehi (atau setelah Yesus Kristus, Yesus ada tahun 0-33 Masehi, gerja mula-mula/kekristenan ada sejak tahunn 33-120 dan terus menyebar ke wilayah Arab, Iran, Irak, Asia kecil, Turki, Italia, sebagian Afganistan dan India) ujug-ujug punya cerita/kisah kitab suci (penciptaan alam semesta, penciptaan nabi Adam dan Hawa, kisah nabi Musa, nabi Nuh, nabi Yunus, nabi Daud, dll sama dengan Alkitab, dan juga Hukum Taurat Israel yang umat Islam percayai dari Allah SWT tapi masakan membenci Yahudi? Tapi masakan Islam percaya Taurat Yahudi tidak ada hubungannya dengan Yahudi?

    Semua nabi-nabi dalam Alquran itu orang-orang Yahudi…terus anda bisa berpikir Tuhan Allah Yang Sejati itu yang dari awal/sejak semula sudah membuat janji dengan bangsa Yahudi menjadi berkat dan keselamatan bagi semua bagsa di dunia ini (karena Yesus Kristus/Isa Almasih adalah bangsa Yahudi), terus Tuhan ujug-ujug memberikan ilham “baru” melalui nabi Muhammad bahwa ajaran nabi Muhammad lah yang benar dan disempurnakan sementara isi hampir sama dengan Alkitab (Anda bisa cek dan research sendiri dengan google mudah mendapatkan banyak ayat-ayat dalam Alquran isi/tema/tujuan isi mirip dengan Alkitab, seperti orang mencuri tangannya harus dipenggal juga sudah ada di dalam Alkitab dan Taurat Yahudi), yang notabene dalam ajaran Alquran dan nabi Muhammad justru merujuk Taurat Yahudi dan orang Nasrani/Kristen tapi sehingga seperti jaman sekarang ini orang Muslim/Islam justru membenci Yahudi dan Kristen dan sampai mau memusnahkan bangsa Yahudi dari muka bumi ini, dimana seharusnya bangsa Yahudi/ahliu Taurat Yahudi dan itab Taurat Yahudi menjadi referensi Muslim/Islam?

    Kalau Alquran mereferensikan Hukum Taurat Yahudi dan ahli Taurat Yahudi untuk menjadi pedoman iman Islam berarti sadarlah anda semua wahai umat Islam bahwa dasar iman anda adalah iman Yahudi yang sudah diberkati dari semula oleh Yesus Kristus Tuhan Allah SWT Yang Sejati Yang Sesungguhnya.

    Saya pribadi lebih percaya kalau nabi Muhammad adalah beragaman Kristen, nabi Muhammad adalah pengikut Yesus Kristus (Isa Almasih) dan nabi Muhammad percaya bahwa Yesus Kristus adalah Allah SWT Yang Sesungguhnya..yang disebut sahabat-sahabat dalam Islam yang dipercaya dan diakui menuliskan Alquran sehingga banyak kontradiksi dan ketidak konsistenan.

    hehe...think about it..jadilah orang pintar dan berhikmat, anda pasti beroleh keselamatan yang sesungguhnya, yaitu di dalam Yesus Kristus (Isa Almasih) karena Yesus Kristus lah Allah SWT Yang Sesungguhnya...Tuhan Yesus memberkati kita semua...amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Preett... Duth.. Cuuiihh...

      Hapus
    2. Hendrik Abe...,sebaiknya anda pelajari Dan buat kajian dlu tentang kitab Al'Quran..di situ anda bisa menemukan semua jawaban juga persoalan yg anda hadapi.setelah anda pelajari Dan betul2 faham akan isi dri Al'Quran. Baru saya setuju APA yg anda katakan..,jdi kebijaksanaan anda tak tersia- siakan.

      Hapus
    3. Hendrik Abe...,sebaiknya anda pelajari Dan buat kajian dlu tentang kitab Al'Quran..di situ anda bisa menemukan semua jawaban juga persoalan yg anda hadapi.setelah anda pelajari Dan betul2 faham akan isi dri Al'Quran. Baru saya setuju APA yg anda katakan..,jdi kebijaksanaan anda tak tersia- siakan.

      Hapus
    4. Hendrik Abe...,sebaiknya anda pelajari Dan buat kajian dlu tentang kitab Al'Quran..di situ anda bisa menemukan semua jawaban juga persoalan yg anda hadapi.setelah anda pelajari Dan betul2 faham akan isi dri Al'Quran. Baru saya setuju APA yg anda katakan..,jdi kebijaksanaan anda tak tersia- siakan.

      Hapus
  35. Maaf saya bukan ahli agama, tapi Menurut pengajaran dari tafsir al'misbah, Jika mulai muncul perdebatan horizontal Apalagi antar agama, mengapa tidak mencoba Kita kembali Jernigan,lalu bertoleransi seperti nabi Ibrahim?

    BalasHapus
  36. Maaf saya bukan ahli agama, tapi Menurut pengajaran dari tafsir al'misbah, Jika mulai muncul perdebatan horizontal Apalagi antar agama, mengapa tidak mencoba Kita kembali Jernigan,lalu bertoleransi seperti nabi Ibrahim?

    BalasHapus
  37. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. Begitu nyata nonmuslim dalam sejarah membeci Islam...padahal nilai Islam tidak bisa dilemahkan. Dengan segala cara ajaran Islam dibungkam, padahal tidak mungkin mereka membungkam nilai-nilai Islam

    BalasHapus
  40. Org yg berakal mengkaji(bukan mengeji)sejarah,Dan bersoal Diri mengapa org ckp ada kesilapan pada diri(agama) kita,sapertimana Kira mencari kexaxatan dalam agama mereka utk bandingan bincang yg adil dan non animosity

    BalasHapus
  41. Saya sudah melihat bekas zaman ke emasan Islam di Eropa di Andalucia Al Hambra maupun Cordoba.
    Yg di tulis ibu Irene benar adanya siapun yg membolak balikan sejarah masa lampau adalah orang munafikun...
    Di mana mana orang non muslim, kafir maupun munafikun nggak pernah suka melihat Islam berdiri tegak mereka pasti dg segala cara akan merusaknya.
    Allahu Akbar...Al Quran adalah pasti benar hanya rosulullah Muhammad saw adalah satu2nya utusan Allah swt pengikutku.

    BalasHapus
  42. Saya sudah melihat bekas zaman ke emasan Islam di Eropa di Andalucia Al Hambra maupun Cordoba.
    Yg di tulis ibu Irene benar adanya siapun yg membolak balikan sejarah masa lampau adalah orang munafikun...
    Di mana mana orang non muslim, kafir maupun munafikun nggak pernah suka melihat Islam berdiri tegak mereka pasti dg segala cara akan merusaknya.
    Allahu Akbar...Al Quran adalah pasti benar hanya rosulullah Muhammad saw adalah satu2nya utusan Allah swt pengikutku.

    BalasHapus
  43. Saya sudah melihat bekas zaman ke emasan Islam di Eropa di Andalucia Al Hambra maupun Cordoba.
    Yg di tulis ibu Irene benar adanya siapun yg membolak balikan sejarah masa lampau adalah orang munafikun...
    Di mana mana orang non muslim, kafir maupun munafikun nggak pernah suka melihat Islam berdiri tegak mereka pasti dg segala cara akan merusaknya.
    Allahu Akbar...Al Quran adalah pasti benar hanya rosulullah Muhammad saw adalah satu2nya utusan Allah swt pengikutku.

    BalasHapus
  44. Saya sudah melihat bekas zaman ke emasan Islam di Eropa di Andalucia Al Hambra maupun Cordoba.
    Yg di tulis ibu Irene benar adanya siapun yg membolak balikan sejarah masa lampau adalah orang munafikun...
    Di mana mana orang non muslim, kafir maupun munafikun nggak pernah suka melihat Islam berdiri tegak mereka pasti dg segala cara akan merusaknya.
    Allahu Akbar...Al Quran adalah pasti benar hanya rosulullah Muhammad saw adalah satu2nya utusan Allah swt pengikutku.

    BalasHapus
  45. Makanya Islam menyebar luas dengan rahmat, dan Kristen menyebarluaskan dengan invasi, penjajah dan pemaksaan..

    BalasHapus
  46. Lah perang tersebut bukan perang agama tapi perang 2 kelompok/kerajaan/sistem politik yg memperebutkan wilayah dan pengaruh yg kebetulan 2 kekuatan tsb menjadikan agama sebagai landasan berpolitik... jadi pahamilah... itu masa lalu kelam yang menggabungkam agama dan tirani kekuasaan dan akhirnya di masa sekarang di eropa kekristenan dipisahkan dalam mengurus pengaruh politis

    BalasHapus
  47. Izin share ya Ummi agar.....

    BalasHapus
  48. Izin share ya Ummi agar.....

    BalasHapus
  49. Alangkah baiknya data-data tentang sejarah ada sumber referensi yang bisa dipertanggungjawabkan. Kaum Muslimin memang dilarang Tasyabbuh, dilarang berbohong dan berkata dusta, KAPANPUN ITU.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas Ahmed Arma, tulIsan Ibu Irene H minim referensi.....

      Hapus
  50. @Ahmed Arma ; Kalo data2/referensinya begi diberitahu ada dimana tersimpannya pasti akan musnah saat ini juga,,liat deh sejarahna bu irene ini dulunya itu syp dn apa tugas yg diberikan kepadanya ketika belom bernama Irene, dum

    BalasHapus
  51. Ibu irene..... Artikelnya Sip bgt. Semoga Allah senantiasa menjaga ibu irene. Insyaallah byk diantara kaum muslimin yg mendoakan ibu.... Oya tulisan2 ibu utk yg berikutnya selalu ditunggu

    BalasHapus
  52. Umi matur suwun sanget kulo ijin share kanggo konco2 nggih ... mugi2 umi diparingi kesehatan ....

    BalasHapus
  53. Cari popularitas ni yeh...aku adalah aku, tapi aku bisa menjadi kamu,...apakah kamu bisa menjadi aku...??? cari di Tourat, Zhabur, injil dan Qur'an...wassalam

    BalasHapus
  54. izin share silahkan kunjungi http://Civilita.com http://bogoraya.com

    BalasHapus
  55. Maaf, menurut Yusuf Estes, katanya itu hoax. Bagaimana ini?

    http://www.hoaxes.id/2011/02/april-mop-merupakan-pembantaian-umat-islam.html

    Saya sendiri masih menelusurinya. Mohon konfirmasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. https://www.islampos.com/dr-yusuf-estes-pembantaian-umat-islam-di-spanyol-itu-pembodohan-umat-islam-50506/

      Islam Pos pun melansir demikian.

      Hapus
  56. Terima kasih Ibu Iren, yang telah menambah wawasan kami tentang Dunia Islam

    BalasHapus
  57. Terima kasih Ibu Iren, yang telah menambah wawasan kami tentang Dunia Islam

    BalasHapus
  58. MAKASIH YA BU IRENE.... kalau kaya gini sayatambah cinta terhadap ISLAM , ALLAH SWT, MUHAMMAD SAW, KEBENARAN ALQURAN NUR KARIM...... :D :D
    ALLAH MEMBERKAHI IBU IRENE>>>>> ;)

    BalasHapus
  59. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  60. terima kasih atas artikelnya saya suka membacanya

    BalasHapus
  61. why the Christian community is very proud of the cross? whereas the cross is an instrument of murder.

    BalasHapus
  62. Hendrik Abe...... Semua Yahudi dan Nasrani pada masa sebelum Alquran turun adalah muslim. Taurat, Zabur, dan Injil adalah kitab muslim sampai orang2 kafir menjadikannya terkontaminasi. Untuk itulah al quran diturunkan untuk menyempurnakan ketiganya. Yang menjadikannya kontradiksi adalah orang2 kafir itu sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lha terus...Bgmn mereka mengucapkan "Syahadat"? Bgmn meteka mengucapkan " Sholawat" pd takhiyat akhir? Jika Muhamad belum ada (lahir) pada masa itu ? Matur suwun.

      Hapus
  63. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  64. Hendrik Abe...... Semua Yahudi dan Nasrani pada masa sebelum Alquran turun adalah muslim. Taurat, Zabur, dan Injil adalah kitab muslim sampai orang2 kafir menjadikannya terkontaminasi. Untuk itulah al quran diturunkan untuk menyempurnakan ketiganya. Yang menjadikannya kontradiksi adalah orang2 kafir itu sendiri.

    BalasHapus
  65. Well, sebelum percaya, toh perlu untuk dibuktikan kebenaran informasi. sebagai seorang akademis saya sangat tidak suka dengan sebuah artikel revelasi tanpa disertai sumber, referensi dan sitasi yang benar. saya belum membaca profil ibu jadi tidak tau sejauh mana pendidikan formal ibu, tapi yang jelas sangat tidak dianjurkan untuk menulis topik semacam ini tanpa disertai referensi yang jelas. kemudian saya melakukan penelusuran singkat bermodalkan internet. metode yang saya gunakan adalah pendekatan objektif, keyword yang saya pakai adalah "Sejarah Granada dalam Alur Waktu" atau dalam bahasa inggris "granada history timeline". ada 2 browser yang saya gunakan yaitu mozilla firefox dan tor browser. kedua browser ini dipilih untuk memberikan 2 hasil dari sudut pandang berbeda. firefox sebagai pendekatan konvensional dan tor sebagai pendekatan anonim (terkait kemampuannya menyembunyikan identitas pengguna). mesin pencari yang saya gunakan juga 2 macam yaitu google indonesia dan duckduckgo, mesin pencari tanpa filter yang mengedepankan anonimitas. sumber yang saya pilih adalah blog/website organisasi tertentu dan menghindari blog / web pribadi, yang riskan terhadap bias informasi dan subjektifitas topik. hingga saat ini, walau masih di halaman pertama pencarian saya belum menemukan satu bukti pun yang mengindikasikan adanya pembantaian kepada muslim di granada pada 892 M. yang saya dapatkan mengenai tahun 892 M hanyalah " Death of the Samanid ruler Nasr, accession of Ismail." (http://barkati.net/english/chronology.htm). tidak menemukan satu rujukan sejarah yang mengarah pada pembantaian apapun pada 892 M. sekian penelusuran saya yang singkat, saya paham metode ini masih sangat lemah dan hanya sekedar usaha pembuktian singkat ttg relevansi isi artikel ini. semoga dapat mencerahkan. sangat saya sarankan kedepannya penulis untuk mencantumkan sumber dan inspirasi ibu dalam artikel-artikel anda selanjutnya, karena akan sangat membantu dalam pengecekan relevansi dan validitas informasi tersebut. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau anda ingin forun ini baik2, tunjukanlah identitas anda.
      Rujukan anda hanya internet saja.
      intetnet itu ada sejak satu dasawarsa dr skrg, pengetahuan/informasi yg mereka miliki terbatas donk, hrs diakui buku sejarah lbh tua dr internet. Silakan berfikir.

      Hapus
    2. ohh maaf belum saya buka ya identitas saya? maaf akses dari anonim. well, makanya saya bilang "usaha pembuktian singkat" dan "saya paham metode ini sangat lemah". tapi setidaknya, itu usaha saya untuk mencari kebenaran informasi tersebut, darimanakah asal informasinya. dan saya secara jujur tidak suka dengan penyampaiannya karena itu sangat tidak sesuai norma penulisan informasi yang baik dan benar. perlu pembenaran dari hal tersebut, muncul darimanakah informasi mengenai pembantaian muslim pada tahun 892 masehi atau sekitarnya di Granada, atau hal mengenai kebenaran lain pada artikel tersebut. apakah datang dari buku sejarah, entahlah, atau datang dari internet, tidak menutup kemungkinan, atau dari kata orang, entah pada acara atau perseorangan, itu perlu untuk diklarifikasi. setidaknya hormatilah norma penulisan informasi dengan menyebutkan sumber keabsahan informasi tersebut.

      oiya, sebelumnya, agar jelas

      nama saya Muhammad Wyndham HP, mahasiswa TIF Fak. Teknik UGM. maaf ini saya juga mengakses dari browser anonim jadi ndak bisa mencantumkan akun apapun. sebelumnya terima kasih atas sarannya :)

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  66. Oalah..dr tulisan diatas kita jd tahu..Pristiwa tsb menceritakan perebutan kekuasaan antar begara yg kebetulan berbeda suku, budaya, ras maupun agama. Jd perang tsb sifatnya politis...bukan theologis. Suwun infonya bu..

    BalasHapus
  67. BUTUH IJAZAH UNTUK MENCARI KERJA - MELANJUTKAN KULIAH - KENAIKAN JABATAN ?!?!
    KAMI JASA PEMBUATAN IJAZAH SIAP MEMBANTU ANDA UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN IJAZAH UNTUK BEKERJA ATAU MELANJUTKAN SEKOLAH / KULIAH
    BERIKUT INI MERUPAKAN JASA YANG KAMI SEDIAKAN :

    - SMU:4.000.000
    - D3 :6.000.000
    - S1 :8.000.000

    * AMAN, LEGAL, TERDAFTAR DI UNIVERSITAS / KOPERTIS / DIKTI, BISA UNTUK MASUK(PNS, TNI, POLRI,BUMN, SWASTA)

    JUGA MELAYANI PEMBUATAN SURAT SURAT PENTING SEPERTI:SIM, STNK, KTP, REKENING BANK, SURAT TANAH, AKTE KELAHIRAN.BPKB, N1, SURAT NIKAH, DLL

    SYARAT:KTP/SIM,FOTO BERWARNA DAN HITAM PUTIH,UNIVERSITAS YANG DITUJU,IPK YANG DIMINTA(MAX 3,50),TAHUN KELULUSAN YANG DIMINTA,ALAMAT PENGIRIMAN YANG DIMINTA.
    KIRIM KE : 085736927001.ku@gmail.com
    HUB : +6285736927001

    (HANYA UNTUK YANG SERIUS SAJA)

    Nb:Semua manusia berhak meiliki pekerjaan dan pendidikan yang layak,entah dari kalangan atas,menengah dan bawah.Maka dari itu kami ada untuk anda yang mebutuhkan ijazah atau surat-surat penting lain .

    www.ijazahs1.blogspot.com

    www.pembuatanijazahpalsu.blogspot.com

    BalasHapus
  68. April Mob ini HOAX bu, sebaiknya kita mampu utk memilah mana yg benar & mana yg tipuan… Cek & ricek kalau kata pak Harmoko dulu tongue emoticon
    Hoax seperti ini dibuat utk rasa kebencian… kebencian timbulkan konflik… konflik atau perang adalah bisnis…

    https://www.islampos.com/dr-yusuf-estes-pembantaian-umat.../

    http://answering-islam.org/Hoaxes/aprilfool.html

    http://www.themodernreligion.com/misc/hoax/april-fool.html

    BUSINESS IS WAR… AND THE WAR ITSELF IS A BUSINESS…
    Agama, ideologi, etnis atau perbedaan lainnya adalah suatu yg paling mudah dikipas & dijadikan kompor…

    Dr. Yusuf Estes: 'Pembantaian Umat Islam Di Spanyol Itu Pembodohan Umat Islam' -…
    ISLAMPOS.COM|BY ISLAMPOS

    BalasHapus
  69. Memang indah peradaban Islam yg pernah ada di Spain (Andalusia / Spanyol) & pd masanya, toleransi beragama sangat kuat bahkan terdapat pusat pengkajian agama (Islam, Yahudi & Katolik) di Toledo. Selain itu berkembang ilmu pengetahuan yg kemudian dipakai oleh Barat utk menaklukan dunia baru dgn Imperialisme Kuno mereka: Gold, Glory & Gospel. Ilmu pengetahuan seperti matematika (Aljabar), kedokteran, sanitasi, perbintangan, sekolah utk umum dll.

    Sejarah itu banyak wajah, tergantung darimana kita berdiri atau melihatnya… Di dalam konflik pasti ada 2 cerita dari pihak yg bersengketa dgn masing-masing merasa benar & tambahan 1 lagi cerita dari pihak netral yg berusaha melihat secara lebih obyektif.
    Apa yang terjadi di dunia adalah rentetan panjang sejarah & peradaban manusia yang sama-sama memiliki hasrat, naluri & akal… Rentetan panjang saling mengalahkan & menguasai apapun suku, etnis atau bangsanya yg ditambah kemudian dengan bumbu ideologi maupun agama.

    Seperti yg kita tau, agama Samawi bapaknya adalah Nabi Ibrahim (Abraham bule bilangnya) dari bangsa Martu (Semit) yg pernah bumi hangus & jarah kota-kota Sumeria di sekitar thn 2200 SM. Putra Ibrahim: Ismail & Ishak menurunkan Arab-Yahudi, dimana keturunan Ismail lebih senang suku2nya tinggal di gurun & keturunan Ishak suku2nya lebih senang tinggal di pesisir TimTeng (bulan sabit).

    Ibaratnya siapa yang memulai & siapa yg mengakhiri? Siapa menebar angin, akan menuai badai…
    Ada baiknya kita mengetahui mengapa dulu pernah ada peradaban Islam yg maju lantas hilang di Spain.
    Mereka Arab/Yahudi (sebelum thn 1917 krn Balfour Declaration) berjuang bersama & toleran, bahkan saat menaklukan Spain:

    = Khilafah atau lebih tepatnya disebut Dinasti Umayyah yg berpusat di Damaskus (Syria skrg) di thn 711 memerintahkan Musa bin Nusayr, Gubenur Al-Maghrib (Afrika Utara), utk menaklukan Spain yg saat itu adalah daerah kerajaan Visigoth atau Goth dari Barat (suku Jerman).

    = Musa mempercayakan pasukannya pd Panglima Tariq bin Ziyadh (dari suku Berber) & tempat mendaratnya Panglima Tariq dgn pasukannya di selatan Spanyol kemudian dikenal sbg Jabal Tariq atau Gibraltar.

    = Kekuatan pasukan Umayyah awalnya adalah 700 kavaleri Berber Yahudi & 10ribu infanteri Moor, menghadapi sekitar 25ribu pasukan Visigoth. Kekuatan Umayyah bertambah bulan-bulan kemudian dimana Gubenur Musa sendiri ikut terjun ke lapangan.

    = Kekuatan utama Umayyah adalah jaringan intelejen Yahudi dari komunitas penduduk Yahudi yg sudah menetap berabad sebelumnya di Spain.

    = Hasilnya dalam dua bulan, Raja Roderick dari Visigoth tewas di pertempuran Guadalete & Spain mulai tunduk di bawah kuasa Umayyah, perlawanan terakhir dr Visigoth masih terjadi smp thn 713 di daerah Segoyuela.

    = Di tahun 714, Abdul Aziz putra dr Gubenur Musa diangkat sbg wali atau gubenur utk Andalusia. Dan di thn 716 Gubenur Abdul Aziz tewas terbunuh krn pertarungan politik di kalangan Muslim sendiri.

    Apakah sdh puas? Belum, Dinasti Umayyah yg kebetulan beragama Islam & memakai baju agama tsb masih belum puas, mereka berusaha taklukan Eropa melalui Perancis sekarang, yg saat itu milik kerajaan Franks (juga suku Jerman) dgn rajanya Charles Martel. Tapi usaha Umayyah gagal pd pertempuran menentukan di Poitiers thn 732. Panglima Umayyah, Abdulrahman Al-Ghafiqi tewas.

    Umayyah dari bangsa Semit ini (kombinasi Arab-Yahudi) kemudian menyadari bhw Eropa dgn cuaca dingin & pertanian yg sulit, bukan daerah yg bisa bikin mereka tambah kaya, mereka stop ekspansi ke Eropa.

    Adapun kemenangan di Poitiers smp sekarang dianggap oleh orang Eropa adalah kemenangan menentukan dimana Eropa terbebas dari genggaman Islam.

    Maka, kedatangan awal Islam di Eropa atau Spain bukanlah dgn damai & mereka dipersilahkan berkuasa, tapi dgn AGRESI MILITER atau INVASI thdp sebuah negara / kerajaan berdaulat.

    BalasHapus
  70. Satu hal atas penaklukan Spain yg terlupa, dendam dari bule Germanic Tribes (suku-suku Jerman) yg menjadikan mereka Anti-Semit.
    Sisa dari kekuatan Visigoth atau bule tsb menanamkan Reconquista (penaklukan ulang atau rebut kembali) yg mulai dicanangkan sejak thn 722. Jauh sebelum Perang Salib yg dilakukan Eropa ke TimTeng yg dimulai thn 1096. Daerah Islam di Spain mulai perlahan terkikis dgn banyaknya peperangan, bahkan peperangan diantara kaum Muslim sendiri & berhasil dilakukan secara total 7 abad kemudian tepatnya di tahun 1492 dgn kejatuhan peradaban Islam terakhir dari Dinasti Almuwahiddun atau Banu Nasri di Granada.
    Setelah itu, mayoritas Islam & Yahudi dipaksa memeluk Katolik, terbunuh atau terusir keluar. Maka berbondonglah eksodus dari Spain ke Eropa lainnya, Afrika atau kembali ke TimTeng.

    Di abad pertengahan sekitar thn 1450an muncul gerakan Inquisitor yaitu pembersihan etnik Semit dipimpin Kardinal Torquemada (asal kata Torture dari sini), dgn metode siksaannya yg super kejam thdp Crypto-Jews & Crypto-Muslim.

    Anti Semit muncul dari dendam bule akibat agresi militer disertai dgn pendudukan & pandangan bhw Yahudi membunuh Yesus.
    Maaf tdk bermaksud SARA, perhatikan penggambaran wajah Yesus apakah bukan penggambaran pemuda bule Eropa daripada wajah pemuda Yahudi sebenarnya dgn hidung bengkok, bola mata & rambut gelap.

    Wassalam

    BalasHapus
  71. Tambahkan lagi mengenai Timur Tengah, krn cukup berhubungan…

    TimTeng masa Medieval (abad pertengahan) sewaktu Perang Salib berseri di abad 11 – 14, baik kaum Kristiani maupun Muslim di antara kaumnya sendiri juga saling berperang.

    Perang Salib I yg dilakukan Germanic Tribes (suku-suku Jerman di Eropa) thdp TimTeng dilakukan antara thn 1096-1099 Masehi.
    Pasukan Eropa dipimpin Kerajaan Franks (Perancis) & merupakan kolaborasi pasukan-pasukan para Noble (yg surplus tentara & harta) sekaligus pertualangan baru & tambah pundi kekayaan, pimpinannya among others: Raymond de Toulouse & Godefroy de Bouillon.
    Kemenangan Pasukan Salib I Eropa ditandai dgn jatuhnya Yerusalem (Juli 1099) dari Khilafah atau lebih tepatnya disebut Dinasti Fatimiyah (dimana Fatimiyah sendiri sedang alami perang sodara).

    Setelah Yerusalem direbut, terjadi penjarahan, pembantaian & pemerkosaan thdp penduduk Yerusalem baik itu Muslim, Yahudi maupun Kristen oleh pasukan Salib Eropa.

    Penguasa terakhir TimTeng sebelum mandat Inggris adalah Dinasti Turki Usmani (Ottoman Turki).
    Ottoman Turki pada abad 15 dipimpin Sultan Mehmed II (yg kemudian dikenal sbg Muhammad al-Fatih) makin ekpansionis, seperti tutup bukunya Kekaisaran Byzantium dgn jatuhnya ibukota Konstantinopel di thn 1453.

    Ottoman dipimpin Sultan Salim I & pasukannya piknik militer di TimTeng menaklukan Sultan Ismail I dari Safavid Persia yang berhasil dikalahkan di pertempuran Chaldiran dan Ottoman menaklukan ibukota Persia, Tabriz di tahun 1514.
    Setelah itu dominasi Dinasti Mamluk Mesir atas TimTeng juga mulai digoyang, pemimpin Mamluk, Tuman Bey yg bergabung dgn sisa kekuatan Persia akhirnya menyerah pd Ottoman di thn 1517. Praktis Ottoman menguasai TimTeng secara keseluruhan.

    Setelah Timur Tengah dan sebagian Afrika Utara dikuasai, Ottoman mulai mencaplok Balkan dengan mengalahkan Kerajaan Serbia di thn 1521 dan thn 1526 taklukan Hongaria, Transylvania (Rumania), sebagian Ukraina, Crimea dan sempat menyerang kota Wina (Eropa Tengah) di tahun 1529 sebelum dihadang Heiliges Römisches Reich Deutscher Nation (Kekaisaran Suci Roma dari bangsa Jerman) dan Sekutunya.

    Lantas di thn 1683 Ottoman mencoba kembali merebut Eropa barat melalui kota Wina dgn 120ribu balapasukannya lakukan kepungan kota, namun gabungan pasukan Eropa dipimpin Kekaisaran Jerman (Heiliges Reich) berhasil mengalahkan Ottoman & membebaskan Wina. Krn kegagalannya, panglima pasukan Ottoman yaitu Kara Mustapha Pasha, dijatuhi hukuman mati oleh Sultan Mahmud IV dgn cara eksekusi dicekik algojo di depan keluarganya & keluarganya dimiskinkan dimana hartanya disita Kesultanan Ottoman.

    Kemenangan tsb lagi-lagi dianggap Eropa sbg decisive victory atas Ottoman & dunia Islam, sama seperti pertempuran Tours / Poitiers thn 732 atas Umayyah & dunia Islam.

    Ottoman datang ke Eropa & TimTeng bukan dgn piknik bersahabat, berjabat tangan & dipersilahkan berkuasa, namun dgn AGRESI MILITER thdp daerah / negara / kerajaan berdaulat.

    Hegemoni Ottoman mulai ambruk karena daerah yg terlalu luas, multi-etnis, pemerintahan Ottoman sendiri yg korup & bermuara pada sang Sultan yg lemah (dan ber-asik-ria dgn hareem nya yg smp berjumlah 400 wanita muda dlm satu istana khusus hareem nya).

    BalasHapus
  72. Daerah kekuasaan Ottoman mulai menciut antara lain akibat:

    = Peperangan Eropa (dimulainya Revolusi Industri) utk siapa yg menjadi superpower dlm perebutan koloni antara Perancis vs Inggris. Napoleon di tahun 1798 lakukan ekspedisi ke Mesir & Syria utk menggoyang Ottoman, tapi Inggris yg menang di Mesir di thn 1801 & Mesir lepas dari Ottoman.

    = 1821 Yunani merdeka dari Ottoman

    = Ekspansi Russia saat perang Crimea 1853 – 1855

    = 1875 otonomi khusus utk Serbia & Montenegro

    = Perang Russia – Ottoman thn 1877 yg kemudian muncul Bulgaria

    = Temuan kandungan minyak melimpah di TimTeng oleh ahli perminyakan Inggris, dimana sejak thn 1890, Iran sdh produksi massal utk Inggris.

    = Kerjasama Kekaisaran Jerman kedua bersama Ottoman memiliki rencana super di thn 1890an utk bangun jalur kereta ekspress hubungkan Bagdad - Berlin guna angkut minyak. Inggris & Jerman yg dari golongan bangsawannya saling bersaudara (bahkan Kaisar Wilhem II adalah cucu Ratu Victoria) bersaing utk daerah koloni di Asia, Pasifik & Afrika. Maka mulai dibuatlah agenda utk enyahkan Ottoman yg sekutu Jerman dari TimTeng (terutama krn minyak).

    TimTeng lepas dari Ottoman di thn 1917 setelah pemberontakan Arab 1916, dimana Inggris cukup mengirimkan Letnan TE Lawrence utk komporin pemberontakan. TimTeng kemudian menjadi mandat Inggris & Perancis (sebagian kecil), cerdasnya kemudian dgn membentuk negara-negara Arab (seperti yg kita kenal sekarang) termasuk Israel utk kepentingan jangka panjang seperti: konflik berkepanjangan dgn bisnis menguntungkan dr perdagangan senjata, perang, pinjaman uang, infrastuktur & menentukan harga minyak.

    Kekalahan Ottoman Turki di Great War (Perang Dunia 1) yg bersekutu dgn Jerman & Austria menimbulkan gerakan Turki Muda yg dipelopori Kemal Pasha (pahlawan pertempuran Galipoli di thn 1915 yg berhasil membendung pendaratan Sekutu di tanah Turki) utk mencegah kehancuran yg lebih jauh.

    Kemal Pasha kemudian berjasa mempertahankan Turki dgn daerahnya seperti sekarang ini (setelah byk lepas di Eropa, Ukraina & TimTeng). Jasanya antara lain dgn mengalahkan Armenia di thn 1920, bertahan dr serangan Perancis di Mediterania thn 1921, mengalahkan invasi Yunani (lakukan balas dendam atas pendudukan berabad sebelumnya) di thn 1922 & bertahan dari pengaruh komunis.

    Etnis Turki adalah salah satu dr suku bangsa Mongol, Turki bermigrasi & invasi dr Asia Tengah sampai akhirnya menetap di Anatolia (Asia Kecil) di abad 11 yg merupakan daerah Kekaisaran Byzantium pd saat itu.

    Sultan Ottoman terakhir, Mehmed VI turun tahta di thn 1922 & hidup di pengasingan. Sisa hidupnya bersama putranya tdk pernah rela & mengakui eksistensi Turki “baru”, menyebar isu berdasar agama & kambing hitam bhw Kemal Pasha adalah kaki tangan Yahudi :)) dan isu ini byk ditelan bulat kaum Muslim & yg katanya sejarawan muslim smp sekarang.

    Sebelum tahun 1917, yg sesudah thn tsb menjadi mandat Inggris, tdk ada konflik global berdasar isu agama / etnis antara Arab & Yahudi maupun konflik Palestina. Maka siapa pembuat onar sesungguhnya disana? Yahudi??

    Wassalam

    BalasHapus

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.